VIDEO: "Monster dari Turin" Kembali Menapak Aspal

Fiat S76 dengan mesin 28.400cc
Sumber :
  • Autoevolution
VIVA.co.id
Hanya Pangeran Arab yang Bisa Miliki Mobil Konsep Ini
- Era mobil-mobil yang menggunakan mesin berkapasitas besar sudah mulai ditinggalkan. Para produsen lebih memilih mengembangkan mesin kecil yang dilengkapi pendorong
turbocharger
Mobil Elvis Presley Ini Sempat Hilang 50 Tahun
, karena selain jauh lebih irit, tenaga yang dihasilkan juga setara dengan mesin enam atau delapan silinder.
Holden Klasik, Kembali ke Ciri Khas Negeri Kanguru

Namun memiliki mobil lawas yang masih mengusung mesin besar bisa memberi kenikmatan tersendiri, seperti mobil Fiat yang satu ini. Dilansir dari Jalopnik, Rabu 1 April 2015, mobil legenda buatan Italia ini termasuk salah satu mobil yang memiliki mesin terbesar di dunia.

Meski hanya menggunakan empat silinder, namun kapasitas mesinnya mencapai 28.400cc, atau sekitar 23 kali lipat lebih besar ketimbang mesin mobil Low Cost Green Car (LCGC). Hampir seluruh bagian depan Fiat S76 ini diisi oleh mesin.

Uniknya, meski mobil yang dijuluki "monster dari Turin" ini dibuat hanya dua unit saja, 104 tahun yang lalu. Saat Perang Dunia Pertama pecah, Fiat membongkar kedua unit S76 dan menyimpannya agar tidak sampai jatuh ke tangan rival mereka.

Kini, dua S76 itu kembali dirakit, namun akibat banyak komponen yang rusak dimakan usia, maka hanya satu unit saja yang bisa utuh terpasang. Mesin 28.400cc bertenaga 290 daya kuda yang sudah mengusung teknologi empat katup per silinder ini akhirnya bisa menyala kembali beberapa bulan yang lalu.

Sang pemilik berencana membawa S76 ke ajang Goodwood Festival of Speed, acara tahunan balap mobil klasik yang diselenggarakan di Inggris. Mobil ini sudah melewati proses ujicoba, dan dikabarkan siap dikendarai dari Bristol menuju Goodwood, yang jaraknya mencapai 225 kilometer.

Anda dapat melihat videonya di bawah, atau klik tautan ini:

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya