Cara Mudah Tangkal Ranjau Paku, Ban Dijamin Tidak Bocor

Motor lewat ranjau paku.
Sumber :
  • www.vnexpress.com

VIVA.co.id - Sebuah perusahaan asal Amerika Serikat, Rhinotire, memamerkan terobosan teknologi terbaru dalam industri otomotif. Mereka membuat teknologi agar ban tak bocor saat melibas ranjau paku dan sejenisnya.

Dilansir VNEkspress, Rabu 1 april 2015, baik ban mobil maupun motor tak akan bocor berkat penerapan bahan polimer RhinoPlex yang unik. Sebab, bahan polimer itu akan langsung menutup tusukan atau lubang sampai 1/4 inci.

Cara kerjanya, bahan polimer dipanaskan sampai suhu yang sangat tinggi dan kemudian disemprotkan secara merata dalam ban. Dengan Rhinotire, pemilik kendaraan diklaim dapat lebih menghemat pengeluaran untuk perawatan roda, semisal bocor di jalan atau hal lainnya.

Untuk pembuktian, Rhinotire memajang video demonstrasi yang bisa Anda saksikan di bawah artikel ini. Dalam video tersebut, sebuah motor berhasil melintasi papan kayu yang seluruhnya ditanami paku dalam jumlah banyak.

Meski paku-paku itu berukuran panjang dan bagian tajamnya menghadap ke atas, motor tersebut dapat dengan mudah melewatinya tanpa mengalami bocor. Sebab, cairan polimer itu langsung menutup lubang dalam waktu sepersekian detik alias singkat.

Canggihnya, teknologi ini dapat diterapkan untuk setiap jenis dan ukuran ban. Untuk sepeda, sepeda motor, mobil penumpang hingga truk komersial.

"Ketika ban ditusuk, lapisan gel dalam ban akan merespons dan langsung menutup lubang. Ini tentu saja produk yang ideal," ujar perusahaan dalam keterangan resminya. (ase)

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Lihat videonya di tautan ini

![vivamore="Baca Juga :"]

Tips Pedagang Ketahui Mobil Bekas Tabrakan

Waspada Salah Beli Mobil Gara-gara Lirikan SPG

[/vivamore]
Oli mesin.

Tips Bedakan Oli Asli dan Oplosan

Banyak produsen nakal yang kini memproduksi oli palsu.

img_title
VIVA.co.id
31 Juli 2017