5 Cara Ampuh Agar Mobil Terhindar dari Sasaran Maling

Ilustrasi
Sumber :
  • www.toyota.astra.co.id
VIVA.co.id
Tips Bedakan Oli Asli dan Oplosan
- Aksi kriminalitas berupa tindak pencurian merupakan momok bagi para pemilik kendaraan. Tak hanya terjadi di kota besar saja, para pencuri juga menargetkan sasarannya di sejumlah wilayah yang sepi.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Untuk menangkal aksi tersebut, ada lima cara jitu yang bisa diterapkan pemilik kendaraan, khususnya mobil. Apa saja lima cara tersebut? Berikut seperti disampaikan laman resmi Toyota:
Tips Pedagang Ketahui Mobil Bekas Tabrakan


Pasang alarm

Sebagai perlindungan dasar untuk mobil Anda, alarm kini dapat diakali oleh sejumlah pencuri yang berpengalaman dan memiliki teknologi canggih, terutama jika alarm mobil memiliki instalasi terbuka. Maka itu, usahakan pasang alarm mobil dengan instalasi tertutup dan tersembunyi.


Gunakan kunci setir dan kunci pedal

Dengan menggunakan kunci tambahan pada setir dan pedal (gas, rem, atau kopling) pencuri mobil akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk melakukan aksinya. Menggunakan berbagai kunci tambahan juga bisa membuat pencuri mengurungkan niatnya, karena waktu yang lama berarti risiko yang lebih tinggi.


Jangan tinggalkan mobil dalam keadaan mesin menyala

Walaupun sedang berada di parkiran depan rumah atau garasi, sebaiknya jangan meninggalkan mobil dalam keadaan mesin menyala. Perhatikan terus mobil jika sedang memanaskan mesin mobil dan matikan mesin jika mobil akan ditinggal.


Jangan tinggalkan kartu parkir di dalam mobil

Beberapa tempat parkir yang mengutamakan keamanan akan meminta pengemudi menunjukkan kartu atau karcis parkir serta STNK saat pengemudi ingin keluar dari tempat parkir. Maka itu, sebisa mungkin jangan tinggalkan kartu parkir di dalam mobil, karena itu akan memudahkan pencuri saat menjalankan aksinya.


Gunakan GPS

Perangkat GPS merupakan salah satu cara untuk mencari tahu kemana pencuri mobil membawa lari kendaraan Anda. Walau hanya berfungsi beberapa saat sebelum disadari sang pencuri, GPS merupakan cara termudah bagi Anda untuk mendapatkan kembali mobil yang telah dicuri.


Perhatikan penyedia jasa

Pilihlah bengkel yang terpercaya untuk mengurangi risiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Begitu halnya dengan parkir valet, tetaplah waspada dan jangan tinggalkan STNK dan kartu parkir di dalam mobil kecuali terpaksa.


![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya