5 Penyebab Getaran Keras pada Mesin Mobil

Perkenalan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi
VIVA.co.id
Tips Bedakan Oli Asli dan Oplosan
- Masalah yang kerap ditemui para pemilik mobil ialah getaran yang cukup keras di kabin, bahkan diikuti suara mendengung. Kondisi ini tentu membuat ketidaknyamanan saat berkendara, terlebih rasa was-was tentu akan menyeruak di benak pemiliknya.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Lantas, apa sebenarnya penyebab getaran keras yang ada di mobil? Berikut seperti yang disampaikan Rahmat Hidayat, salah seorang mekanik Sumber Jaya Motor, Radio Dalam, Jakarta, kepada
Tips Pedagang Ketahui Mobil Bekas Tabrakan
VIVA.co.id :

1. Asupan bahan bakar tak lancar


Sejatinya, asupan bahan bakar ke ruang bakar mesin yang tak lancar disebabkan oleh peranti injektor yang bermasalah. Sebab injektor yang tersumbat kotoran tidak bakal bisa menyemburkan bahan bakar dengan sempurna. Jika sudah begitu, proses pembakaran pun tidak berlangsung sempurna. Alhasil, getaran pun muncul.


2. Busi aus

Penyebab getaran mesin lainnya karena beberapa busi yang sudah aus. Dengan kondisi tersebut, proses pembakaran di ruang bakar tidak bakal berjalan sempurna. Pemantikan api berlangsung tak stabil. Akibatnya mesin seperti tersengal-sengal, bahkan terasa hingga ke dalam kabin.


3. Piston goyang

Selain busi dan injektor, getaran juga bisa diakibatkan dari piston yang telah aus. Piston yang aus biasanya goyang lantaran tidak dalam kondisi tegak lurus. Tak heran jika kemudian mesin dinyalakan getaran sangat terasa. Dampak piston aus pun tak hanya berdampak pada getaran saja, tenaga mobil juga otomatis akan berkurang.


4. Kanvas kopling aus


Kanvas yang telah aus dapat menyebabkan getaran pada mobil. Hal itu tentu memengaruhi kopling. Getaran di gir boks akan sangat besar, sebab tenaga yang diproduksi mesin tidak bisa disalurkan sempurna ke roda. Intinya, getaran terjadi karena tenaga yang tertahan di gir boks.


5. Engine mounting bermasalah


Mounting berfungsi untuk meredam getaran yang timbul saat mesin dihidupkan. Jadi, bila mengalami masalah, getaran dari mesin tidak bisa diredam dan masuk ke kabin. Ada beberapa faktor yang menyebabkan perangkat ini tidak mampu meredam getaran mesin. Di antaranya baut peranti tersebut yang menuju sasis kendor dan bantalan yang terbuat dari karet pecah karena telah aus.



![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya