Ini Bajaj Canggih yang Bisa Berenang, Harganya Murah

Salamander.
Sumber :
  • www.gizmag.com

VIVA.co.id - Ada yang menarik perhatian seputar dunia otomotif Filipina baru-baru ini. Ya, ada kendaraan Bajaj ampfibi roda tiga (bukan merek) yang bisa berenang, alias melesat di permukaan air dan melaju di darat. Canggih bukan?

Dilansir Gizmag, Senin 13 April 2015, Bajaj bernama Salamander itu merupakan hasil pengembangan Filipina H20 Technologies. Kendaraan itu dibuat, lantaran banyak desa di sana yang rawan mengalami banjir.

Ada dua versi kendaraan yang berhasil dikembangkan, satu versi berbahan bakar gas, dan satu versi lainnya sepenuhnya bertenaga listrik.



Versi pertama, disebut HydrOPlus. Kendaraan itu dibekali mesin 200 cc. Meski disebut berbahan bakar gas, kendaraan ini bisa menggunakan bensin biasa. Sementara itu, versi kedua, e-Salamander didukung motor 3.000 W 48-volt. Motor ini didukung empat baterai 90-Ah tipe-gel.

Salamander diklaim dapat menampung enam penumpang (termasuk pengemudi) jika melesat di darat. Sementara itu, saat di perairan, hanya dapat menampung empat penumpang.

The Salamander can carry six passengers on land (including the driver), and four when in b...

Berdasarkan catatan, kecepatan maksimum di darat yakni 80 kilometer per jam (50 mph). Sementara itu, di air hanya 11 km per jam. Kendaraan ini dibangun dengan lambung ganda berlapis yang dibekali high density polyethylene. Dengan pembekalan itu, kendaraan akan tetap bertahan dan stabil jika rusak saat digunakan di modus perahu.

Untuk beralih dari modus darat ke perahu, si pembesut cukup menarik tuas yang kemudian dapat menggerakkan baling-baling belakang.

Saat ini, Salamander baru akan didistribusikan di Filipina. Namun, perusahaan berencana akan mendistribusikannya ke seluruh dunia. Soal harga, Salamander dijual mulai US$6.614, atau setara Rp85,7 juta. (kurs Rp12.968 per dolar AS). Cukup murah bukan untuk menebus teknologi yang sudah diadopsinya? (asp)

Foto Lima Jalan Paling Ekstrem dan Mengerikan



![vivamore="Baca Juga :"]

Unik, Suami Minta Maaf ke Istri dengan Sewa Ribuan Taksi

Tertutup Salju, Mobil Ini Mendadak Jadi 'Es Batu'
[/vivamore]
Festival unta di India

VIDEO: Kawanan Unta Bikin Mobil di Tol Kocar-kacir

Tabrakan beruntun pun terjadi.

img_title
VIVA.co.id
1 Agustus 2016