Ford Patenkan Transmisi 11 Percepatan, Lebih Irit BBM?

Ford Ranger 2015
Sumber :
  • Paultan.org

VIVA.co.id - Pada umumnya transmisi pada kendaraan roda empat antara 3-6 percepatan saja. Namun seiring perkembangan teknologi, jumlah transmisi semakin bertambah termasuk dengan gebrakan yang dilakukan Ford.

Ford PHK Karyawannya di Eropa Agar Berhemat US$200 Juta

Dilansir Autoguide, sebuah dokumen paten terbaru yang diterbitkan US Patent and Trademark Office pada 9 April lalu menyatakan, Ford telah mematenkan transmisi otomatis atau matik dengan 11 percepatan.

Dalam dokumen dijelaskan, detail ada tiga tingkatan yang berbeda dari sistem transmisi ini. Perbedaan itu ditentukan dari kombinasi yang digunakan antara kopling, rem dan roda gigi.

Hanya saja, juru bicara Ford, Paul Seredynski, menyatakan, untuk saat ini perusahaan baru berencana untuk menyematkan transmisi otomatis 10 percepatan pada truk pikap Ford F-150 Raptor pada 2017 mendatang.

Sedangkan untuk transmisi matik 11 percepatan, Seredynski masih bungkam dan belum mau membocorkan informasi hal tersebut.

"Sebagai pemimpin teknologi, kami mengajukan paten untuk ide-ide inovatif, dan itu sudah biasa. Paten akan membantu melindungi ide-ide baru kami, tetapi ini tidak selalu menunjukkan ke arah bisnis atau rencana produk kami di masa depan,” kata Seredynski.

Sebenarnya, pengajuan Ford dalam hal hak paten ini telah dilakukan sejak 4 Oktober 2013. Ford mengklaim bahwa dengan transmisi ini rata-rata konsumsi bahan bakar bakal lebih irit yakni mencapai 20 MPG.

![vivamore="
Pemerintah: Ford Enggak Bisa Seenak Jidatnya
Baca Juga :"]
Ford Hengkang dari RI, Ini Komentar Menteri Keuangan

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya