6 Cara Mudah Agar Tak Tertipu Beli Mobil Bekas Tabrakan

Ilustrasi jual beli mobil bekas.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Banyak pemburu mobil bekas hanya memperhatikan mesin saat akan melakukan pembelian. Padahal, ada satu hal lainnya yang penting untuk dilihat dengan seksama, yakni bodi mobil.

Tips Bedakan Oli Asli dan Oplosan

Ya, dengan begitu, pemburu mobil bekas akan dapat mengetahui, apakah kendaraan yang tengah diliriknya pernah mengalami kecelakaan, atau tidak. Pertanyaan pun muncul, bagaimana caranya?

Menurut Ranto, selaku mekanik di bengkel body repair Putra Motor di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan, mobil bekas kecelakaan bisa diperhatikan melalui bodi mobil.

Ia membeberkan, ada enam hal yang patut diperhatikan untuk mengidentifikasinya, seperti disampaikannya kepada VIVA.co.id, Rabu 15 April 2015. Berikut ulasannya:

1. Biasanya mobil bekas kecelakaan memiliki ciri pada kondisi besi bagian depan mobil yang dapat dilihat, ketika kita membuka kap mobil. Seperti pegangan radiator, apakah ada cacat, atau tidak lurus. Biasanya mobil bekas kecelakaan, besi yang tadinya lurus menjadi tidak lurus, atau memiliki bekas las pada besi.

2. Cat mobil juga harus diperhatikan dengan teliti, apakah belang, atau tidak. Bila belang, kemungkinan sudah mengalami kecelakaan. Caranya, pandangi di tempat terang dengan jarak agak jauh.

3. Perhatikan juga celah antarbagian seperti bumper dengan lampu, atau dengan grille. Jika celah tidak sama, kemungkinan bagian tersebut sudah pernah diganti, atau dicat ulang.

4. Bila kecelakaan dari samping, kita harus melihat pilar B dari atas sampai bawah, apakah ada bekas las dan dempul.

5. Perhatikan juga lekukan garis pada bodi samping. Biasanya mobil bekas kecelakaan memiliki garis lekukan yang tidak lurus.

6. Pegang bodi mobil secara teliti sambil diusap, apabila ada yang tidak rata, atau bekas dempulan dapat dirasakan dari sentuhan tangan. (asp)

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya
![vivamore=" Baca Juga
Tips Pedagang Ketahui Mobil Bekas Tabrakan
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya