Hajar Medan Sulit dengan Pajero Sport 'DNA' Reli Dakar

Pajero Sport Limited Edition
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi

VIVA.co.id - Tak dipungkiri lagi bahwa nama besar Mitsubishi di Indonesia, ikut didongkrak dengan popularitas Pajero. Bahkan, banyak yang menganggap bahwa Mitsubishi dan Pajero seakan tak terpisahkan sebagai 'dwi-tunggal'.

Hal itu sangat beralasan, mengingat sepak terjang Pajero. Tetapi, sebelum mengulas ketangguhan, penampilan hingga dalaman dari mobil ini, tentu tak salah untuk kembali menyegarkan ingatan mengenai asal-usul nama Pajero.

Nama Pajero, ternyata diambil dari nama Kucing Pampas, atau dalam bahasa latinnya dikenal dengan Leopardus Pajero. Kucing ini memiliki habitat asli di beberapa negara Amerika Latin, seperti Argentina dan Chile.

Ketangguhan, kelincahan, kekuatan, sekaligus keindahan Kucing Pampas ini yang memberikan inspirasi Mitsubishi untuk menghadirkan Pajero, sebelum akhirnya mengalami beberapa reinkarnasi, termasuk Pajero Sport Dakar.

Ya, sesuai dengan namanya Pajero Sport Dakar, mobil Sport Utility Vehicle (SUV) ini diklaim mewarisi DNA Mitsubishi Pajero versi reli Dakar. Singkatnya, mobil ini dirancang untuk dapat melahap semua medan sulit.

Kehadiran Pajero Sport Dakar ini juga mendapat sambutan hangat di Tanah Air. Sejak diluncurkan pada 2011 silam, lewat PT Kramayudha Tiga Berlian (KTB), Mitsubishi Pajero Sport Dakar ini langsung laris manis.

Hal itu dibuktikan, dengan penjualan Pajero Sport Dakar yang mencapai 150 unit per bulan untuk wilayah ibu kota Jakarta. Laris manisnya Mitsubishi Pajero Sport Dakar ini juga tak lepas dari kondisi Jakarta yang rawan banjir.

Hadir dengan dua varian yakni 4x4 dan 4x2, Pajero Sport Dakar terbukti mampu menjadi salah satu solusi mengatasi banjir di Jakarta. Tak hanya itu, mobil ini cukup handal 'menghajar' jalanan berlubang.

Target Meleset, Mitsubishi Kembali Bertaruh di 2016

Yang tak kalah penting, mobil ini juga terbilang gesit untuk melahap jalanan sibuk ibu kota. Hal itu, dibuktikan dalam tiga hari tes yang dilakukan VIVA.co.id.

Wajah sangar Pajero Sport Dakar

Pajero Sport Dakar memang berperawakan tinggi besar, sehingga sangat pantas dapat melahap medan sulit. Namun, nuansa sporty juga tetap tergurat jelas dari penampakan mobil saingan dari Toyota Fortuner ini.

Yang jelas, kesan sangat laki akan terlintas dalam benak, saat menaiki Pajero Sport Dakar ini. Dengan kata lain, ini memang kendaraan bagi laki-laki sejati. Terlebih, di bagian eksterior mobil ini juga dilengkapi dengan aero kit dan sun roof yang membuatnya terkesan lebih berkelas.

Desain terbarunya memiliki garis agresif pada bodi dan barisan lampu yang menjadikan mobil dengan panjang 4,695 meter, tinggi 1,840 meter, dan lebar 1,815 meter ini lebih terkesan sangat sporty.

Meski tinggi besar plus berat mencapai 2.055 kg (4x4), namun Pajero Sport Dakar ini terbukti cukup lincah dengan jarak poros roda (wheelbase) 2,8 meter. Mobil ini juga piawai melahap jalan berlubang dengan jarak terendah ke tanah mencapai 215 milimeter.

Interior Pajero Sport Dakar

Saat memasuki Pajero Sport Dakar, kesan luas akan terasa. Maklum, desain kabin dari mobil ini memang diperentukan untuk tujuh penumpang. Tak hanya itu, kesan mewah juga terasa dari material jok yang disematkan Mitsubishi.

Pada kemudi, keberadaan paddle shift semakin menambah kekinian dari mobil yang satu ini. Keberadaan paddle shift ini tentu akan memberikan pilihan bagi sang pengemudi yang lebih menyukai transmisi manual.

Yang tak kalah mewah adalah penampilan multi information display (MID) yang melekat pada dashboard. Selain audio sistem, mobil ini juga menyediakan kamera belakang, sehingga akan semakin memudahkan pengemudinya.

Jika ingin merasakan keindahan langit dalam perjalanan, mobil garang ini juga menyediakan electric sun roof yang begitu mudah dioperasikan. Secara umum, interior mobil ini memang tak terlalu rumit.

Dalaman Pajero Sport Dakar

Meski kini hadir dengan banyak pilihan, namun kali ini VIVA.co.id menjajal Pajero Sprot Dakar dengan mesin diesel 2.477 cc 4-silinder sebaris dengan teknologi common-rail Direct Injection Diesel (DI-D) dipadu dengan Variable Geo­metry Turbo (VGT) yang dilengkapi intercooler.

Dengan mesin ini, mobil dengan kapasitas tangki 70 liter ini mampu menyemburkan tenaga sebesar 131 kW pada torsi 350Nm yang disalurkan ke roda belakang via transmisi otomatis 5-speed.

Untuk menempuh kecepatan dari 0-100 kilometer per jam, Pajero Sport Dakar hanya butuh waktu 10 detik. Sedangkan untuk konsumsi bahan bakar, mobil gagah ini tercatat dapat menempuh 11,7 km/liter.

Untuk suspensi depan, mobil ini menggunakan Double Independent Wishbone, coil Spring with Stabilizer. Sedangkan suspensi belakang, menggunakan 3 link coil spring with Stabilizer Bar.

Dealer Ini Dorong Penjualan All New Pajero Tembus Rekor Baru

Untuk harganya, Pajero Sport berbeda-beda terantung jenisnya. Harga tertinggi adalah Pajero Sport Dakar 4x4 AT yang mencapai Rp528 juta. Sedangkan yang termurah, Pajero Sport GLS 4x2 MT seharga Rp409 juta. (asp)

Mitsubitshi All New Pajero Sport.

Mitsubishi Masih Andalkan Pajero Sport di IIMS 2016

Mitsubishi targetkan 1.000 pengunjung tergoda dengan produknya.

img_title
VIVA.co.id
8 April 2016