Beku Selama 4 Tahun, Moge Ini Bisa 'Hidup' Kembali

Moge Victory yang dibekukan selama 4 tahun.
Sumber :
  • Autoevolution

VIVA.co.id - Jika Anda pernah menonton film-film fiksi ilmiah, maka pasti tidak akan asing dengan teknologi cryonics, yakni teknik membekukan makhluk hidup selama beberapa waktu. Tujuan dari penemuan ini adalah agar makhluk tersebut bisa dapat melanjutkan hidup di generasi mendatang.

Mobil Elvis Presley Ini Sempat Hilang 50 Tahun

Biasanya teknik ini diterapkan pada mereka yang menderita sebuah penyakit, namun belum ada obatnya. Dengan dibekukan, maka mereka akan masuk ke dalam keadaan mati suri, dan nanti dibangkitkan kembali setelah ada ilmuwan yang berhasil menemukan obat penyakit tersebut.

Dilansir dari Autoevolution, Selasa 5 Mei 2015, teknik cryonics rupanya juga diuji pada kendaraan bermotor, tepatnya sebuah motor besar (moge). Moge jenis Victory V92 TC ini dibekukan pada 2011 silam, dengan cara dicelupkan ke dalam air dingin dan kemudian air tersebut dibuat menjadi beku.

Kolektor Ditolak Beli LaFerrari Edisi Terbatas

Balok es besar berisi moge tersebut kemudian dipajang di sebuah hotel unik di Swedia, yakni Ice Hotel. Sesuai namanya, hotel ini terbuat dari balok es yang didesain khusus. Setiap tahun, sejumlah kru membangun kembali hotel ini, karena es yang digunakan banyak yang mencair saat musim panas.

Setelah empat tahun, kini moge yang dibekukan tersebut dikeluarkan dari hotel dan dibiarkan mencair. Para teknisi kemudian membongkar seluruh bagian mesin, mulai dari silinder hingga transmisi. Tujuannya adalah untuk menguras semua air yang masuk.

Begini Jadinya Jika Mobil Van Angkut Sapi

Setelah kering, dua komponen penting diganti, yakni saringan udara dan aki, sementara yang lainnya masih menggunakan komponen lama. Oli mesin dan bahan bakar juga tidak lupa dituang ke dalam masing-masing tangki.

Dalam waktu yang tidak terlalu lama setelah es mencair, mesin moge berhasil dinyalakan. Para teknisi heran, betapa sedikit usaha yang perlu mereka lakukan untuk 'menghidupkan' kembali moge ini.

Mobil konsep Bugatti

Hanya Pangeran Arab yang Bisa Miliki Mobil Konsep Ini

Ada Bugatti Chiron dan Vision Gran Turismo di garasi rumahnya.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016