Karimun Tipe Apa Saja yang Dapat Fitur AGS?

Penampakan Karimun Wagon R GS di Cakung, Kamis (11/9/14).
Sumber :
  • Foto: VIVAnews/Herdi Muhardi

VIVA.co.id - Mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC) besutan PT Suzuki Indombil Sales (SIS),  Karimun Wagon R, akhirnya disematkan teknologi baru, berupa teknologi Auto Gear Shift atau AGS.

Kebuasan Mobil yang Ditunggu-tunggu Tahun Ini

Teknologi ini diklaim merupakan inovasi terbaru dari Suzuki Indonesia, yang dilengkapi dengan aktuator hidrolik elektronik, dimana pengemudi bisa mengoperasikan perpindahan gigi secara otomatis ataupun manual.

Menurut Donny Saputra, Head of 4 Wheel Product Development PT SIS, Auto Gear Shift (AGS) bekerja dengan mengintegrasikan aktuator hidrolik presisi, yang dikendalikan oleh Electronic Control Unit (ECU) & Transmission Control Modul (TCM), untuk mengatur kopling, transmisi dan mesin.

Mau Beli Mobil Baru? Baca Dulu Pedoman Ini

“Transmisi ini mampu memberikan perpindahan gigi dalam waktu yang optimal, untuk memberikan kenyamanan berkendara layaknya transmisi otomatis, dan lebih hemat bahan bakar layaknya transmisi manual,” jelas Donny kepada wartawan, saat acara media test drive, di kawasan Jakarta Selatan, Rabu, 6 Mei 2015.

Donny menyatakan, dengan hadirnya teknologi AGS, pemilik mobil akan mendapatkan keuntungan ganda, karena merupakan penggabungan keunggulan yang terdapat pada transmisi manual  dan otomatis, sehingga pengemudi dapat mengatur laju kecepatan kendaraan, dengan menyesuaikan transmisi pada kondisi jalan yang dilalui.

Interior Mobil Baru Ini Paling Penuh dengan Layar Sentuh

“Hal ini tentunya menambah kenyamanan pengemudi dalam berkendara, dan juga menghemat bahan bakar kendaraan,”  tambahnya.

Transmisi Auto Gear Shift terdapat pada Karimun Wagon R dengan tipe GL, GX, Dilago, dan GS. Karimun Wagon R tetap dilengkapi dengan beberapa fitur-fitur andalan yang mengandung unsur SUPER (Spacious, Usefull, Practical, Economical, Reasonable).

Soal performa

Dari segi performa, Karimun Wagon R AGS menggunakan mesin K10B tiga silinder berkapasitas 998cc, dengan tenaga maksimum 67 daya kuda dan torsi maksimum 90 Newton meter.

Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan pedal gas elektronik, agar akselerasi lebih responsif namun tetap irit bahan bakar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya