Lima Cara Mudah Cegah Kerak Air Menempel di Mobil

Ilustrasi mencuci mobil
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Selamat! Mpok Alpa Umumkan Hamil di Usia 37 Tahun
- Kebanyakan para pemilik mobil langsung menggunakan kendaraannya setelah selesai dicuci. Lantaran sudah mendapatkan perawatan cuci mobil, banyak pengemudi yang sudah merasa tenang dan tak melakukan pemeriksaan apapun.

Tablet Samsung yang Baru bikin Penasaran

Padahal, usai mencuci mobil di
Gak Nyangka, Ternyata Gen Z Punya Karakter Mulia Ini
car wash , Anda harus memeriksa beberapa bagian penting pada mobil. Hal ini wajib dilakukan karena acapkali air yang dipakai mencuci terjebak di sela-sela bagian bodi mobil. Jika tak segera ditangani, bisa menciptakan kerak air. Inilah bagian yang harus melalui tahapan inspeksi setelah proses mencuci mobil usai.


Apa saja lima tahapan yang patut dilakukan usai mencuci mobil? Berikut seperti disampaikan di situs resmi Toyota:


1. Jalur pembuangan air di atap

Air yang digunakan untuk mencuci sering bertahan di jalur pembuangan air yang mengarah ke kaca depan-belakang. Jika mobil Anda berupa mobil tipe SUV atau mobil dengan
roof rail
yang lebar, semakin besar air yang akan ditampungnya. Mintalah petugas mengelap dengan kering bagian ini.


2. Sela-sela pintu mobil

Celah ini sering menjadi tempat meresapnya air cuci. Periksalah bagian ini dan bagian bodi mobil tempat pertemuan dengan pintu. Jika dirasa ada air yang masuk ke sela-sela tersebut, segera keringkan menggunakan kain microfiber.


3. Spion luar

Celah antara spion luar dengan bodi mobil juga sering kemasukan air cuci. Ketuklah dengan pelan agar airnya turun, kemudian lap sisa air yang menetes tersebut.


4. Kap mesin

Seka bagian kap mesin hingga kering dan pastikan tak ada air yang menggenang. Banyak air yang meresap di bagian antara kap mesin dan bodi mobil karena bentuknya yang memang memiliki banyak ruang tak rata.


5. Grille

Jika telah selesai memeriksa kap mesin, lakukan pengeringan ulang pada grille depan. Gunakan kain microfiber untuk dimasukkan ke sela-sela bilah grille. Pastikan tidak ada air yang tersembunyi di dalamnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya