'Gendong' Dua Transmisi, Wagon R AGS Tetap Irit

Suzuki Karimun Wagon R AGS
Sumber :
  • VIVA/Herdi Muhardi

VIVA.co.id - Meski belum meluncur, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mempersilakan sejumlah awak media mengemudikan Karimun Wagon R dengan transmisi baru yang mengusung teknologi Auto Gear Shift atau AGS.

Menurut Donny Saputra, Head of 4W Product Development PT SIS, meski mengusung dua transmisi sekaligus, untuk urusan efisiensi bahan bakar, transmisi Karimun Wagon R AGS tetap tergolong irit.

"Fuel efisien LCGC memang 20 km/liter, hasil tes BTMP (Balai Termodinamika Motor Propulsi) untuk versi manual 21,08 km/liter, dan untuk versi AGS lebih irit 0,5 km/liter yakni 21,58 km/liter," kata Donny saat acara media test drive di kawasan Jakarta Selatan, Rabu 6 Mei 2015.

Teknologi ini diklaim merupakan inovasi terbaru dari Suzuki Indonesia yang dilengkapi dengan aktuator hidrolik elektronik, yang mengoperasikan perpindahan gigi secara otomatis, dengan transmisi manual lima percepatan terbaru. 

Menurut Donny, teknologi AGS bekerja dengan mengintegrasikan aktuator hidrolik presisi yang dikendalikan oleh Electronic Control Unit (ECU) dan Transmission Control Modul (TCM) untuk mengendalikan kopling, persneling gigi, dan mesin.

"Transmisi ini mampu memberikan perpindahan gigi dalam waktu yang optimal untuk memberikan kenyamanan berkendara, layaknya transmisi otomatis dan lebih hemat bahan bakar layaknya transmisi manual," katanya.

Cari Diskon Mobil Suzuki? Berikut Daftarnya

Donny menyatakan, dengan kehadiran teknologi AGS, merupakan keuntungan ganda. Karena, merupakan penggabungan keunggulan yang terdapat pada transmisi manual dan otomatis, sehingga pengemudi dapat mengatur laju kecepatan kendaraan dengan menyesuaikan transmisi pada kondisi jalan.

"Ini tentunya menambah kenyamanan pengemudi dalam berkendara dan juga menghemat bahan bakar kendaraan,” tutur Donny.

Tak hanya itu, mobil ini dilengkapi dengan sistem drive by wire pada pedal gas untuk akselerasi lebih responsif, tapi tetap irit bahan bakar. Mesin ini juga sudah teruji secara performa, efisien, dan kemudahan perawatannya.

"Saat di jalan macet bisa pakai otomatis ketika buru-buru bisa andalkan manual," kata Donny.

Transmisi Auto Gear Shift terdapat pada Karimun Wagon R dengan tipe GL, GX, Dilago, dan GS. Karimun Wagon R tetap dilengkapi dengan beberapa fitur-fitur andalan yang mengandung unsur SUPER (Spacious, Usefull, Practical, Economical, Reasonable) dan aspek penting lainnya.

Untuk jantung pacu, Karimun Wagon R AGS masih mengusung mesin yang sama, yakni K10B berkapasitas 998 cc 3-silinder DOHC 12-katup dengan tenaga maksimum 68PS pada 6.200rpm, torsi maksimum 90 Nm pada 3.500rpm. (art)

Ratusan Mobil di Diler Suzuki Dijarah, Bangunan Dibakar
Suzuki New SX4 S-Cross di GIIAS 2016.

Ini Mobil-mobil Terbaru Suzuki di GIIAS

New SX4 S-Cross membawa sejumlah fitur baru.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016