Moge Jalanan Honda Dirombak Jadi Penakluk Alam Liar

Honda CB500X modifikasi
Sumber :
  • Jalopnik

VIVA.co.id - Saat Honda meluncurkan seri CB500X, motor ini langsung mendapat sambutan yang meriah dari para penggemar sepeda motor. Hal ini dikarenakan Honda dianggap mengambil langkah yang tepat, menghadirkan jenis motor baru di segmen yang memang masih sedikit pemainnya.

Ingin Motor Anda Larinya Kencang dan Irit BBM? Ini Caranya

Selain itu, desain yang diusung juga tidak kalah menarik. Honda berhasil menggabungkan bentuk motor jalanan dengan konsep adventure yang kini banyak digemari. Sayangnya, bagi rumah modifikasi Rally Raid, CB500X masih dirasa kurang mumpuni, terutama dalam hal kemampuannya.

Dilansir dari Jalopnik, Selasa 12 Mei 2015, rumah modifikasi yang bermarkas di Inggris tersebut kemudian memutuskan untuk merombak motor yang dibanderol dengan harga US$6.300 (Rp83 juta) agar mampu menaklukkan jalur off-road dengan lebih baik.

Alasan Motor Custom Begitu Digandrungi Artis Indonesia

Menurut mereka, keunggulan CB500X ada pada mesin dan posisi duduk yang ergonomis. Mesin yang digunakan berkapasitas 471cc dan mampu menghasilkan tenaga sebesar 47 daya kuda. Berkat tangki yang dapat menampung bahan bakar sebanyak 17 liter, motor ini mampu menempuh jarak lebih dari 300 kilometer.

Sayangnya, suspensi, roda dan pelindung pengendara kurang maksimal untuk penggunaan jalur selain aspal, sehingga tiga komponen inilah yang diganti. Velg dan ban bawaan diganti dengan ukuran 19 inci untuk depan dan 17 inci untuk belakang. Velg terbuat dari bahan aluminium, sementara jari-jari velg menggunakan material stainless steel.

Harley Davidson Bercita Rasa Italia

Agar jarak ke tanah makin tinggi, suspensi depan dan belakang diganti dengan spesifikasi motocross. Suspensi ini memiliki tiga pengaturan peredaman, yaitu lunak, sedang dan keras. Dengan ubahan ini, tinggi motor bertambah sebanyak lima sentimeter.

Terakhir, berbagai besi pelindung dan braket untuk mengikat boks ditambahkan, agar pengendara dapat terlindungi lebih maksimal dan bisa menaruh barang bawaan dengan mudah. Untuk harga, paket modifikasi ini dijual US$3 ribu, atau setara dengan Rp39 juta.

Press conference acara Suryanation Motorland 2016.

Ribuan Komunitas Motor Bakal Meriahkan Kontes Modifikasi

Acara akan digelar di delapan kota besar.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016