Dunia Modifikasi, Ini Beda Pintu Gulwing dengan Lambo Door

Mobil dengan pintu Gulwing
Sumber :
  • Jihad Akbar/VIVA.co.id
VIVA.co.id
Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya
- Seiring dengan perkembangan zaman, dunia modifikasi di Indonesia semakin berkembang saat ini. Konsep modifikator asli Indonesia terus bermunculan dengan berbagai macam gaya yang ekstrem.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Namun, ada pemahaman akan model modifikasi yangharus dimengerti oleh lebih dalam oleh para modifikator Indonesia. Salah satunya mengenai perbedaan antara pintu
Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya
Gulwing dan pintu vertikal atau yang biasa disebut
Lambo door.

Pemilik Linet Custom Hinges and Car Modification, Hermawan, ketika berbincang dengan
VIVA.co.id,
Sabtu 23 Mei 2015 menjelaskan perbedaan kedua jenis aplikasi pintu tersebut.


Pria asal Jampang Kulon, Sukabumi ini mengtakan, Jenis pintu Gullwing pertama dipopulerkan oleh Mercedes-Benz 300SL. Mobil itu diproduksi untuk keperluan balap pada 1952-1953, dan mulai produksi massal pada tahun 1954.


Konstruksi pintu ini pun sangat unik, yaitu berlipat keatas seperti sayap burung ketika terbuka. Kemudian bagian atap mobil juga terbuka sebagian mengikuti pergerakan pintu.


Sedangkkan, sesuai dengan sebutannya, Lambo door dipopulerkan oleh produsen mobil sport asal Italia, Lamborgini. Aplikasi pintu vertikal atau pintu gunting ini pertama kali melekat pada jenis Countach produksi 1974.


Meskipun sebelumnya mobil konsep Alfa Romeo Carabo tahun 1968 yang pertama kali memperkenalkan pintu jenis ini. "Berbeda antara pintu Gullwing sama Vertikal Door atau Lambo Door," ujarnya di Jakarta.


Menurutnya, pemilihan model pintu untuk dalam modifikasi mobil khususnya untuk keperluan kontes harus diperhatikan dengan benar. Karena setiap model memiliki pemaknaan yang berbeda.


Gullwing misalnya, memberi kesan sport namun tetap elegan untuk digunakan sehari-hari. Sedangkan, Lambo door lebih kental kesan sport yang dihasilkan, porosnya yang terletak di depan pintu membuat tongkrongan mobil itu lebih sangar dan aerodinamis, karena membentuk sudut tajam ketika pintu terbuka.


Dia berpendapat, karena Gullwing lebih dulu populer, sebagian modifikator di Indonesia beranggapan bahwa Lambo door sama dengan Gullwing. "Jadi model pintu Gullwing, sebagian di Indonesia itu salah persepsi," tegasnya.


Terlepas dari perbedaan tersebut, dia mengatakan, semua orang bebas memiliki persepsi dan menuangkan ide, konsep dan kreatifitasnya dalam dunia modifikasi. Namun, tidak ada salahnya mengetahui secara benar model modifikasi yang akan diaplikasikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya