Motor Susah Distarter, Belum Tentu Aki Biang Keroknya

Kelistrikan sepeda motor.
Sumber :
  • www.welovehonda.com

VIVA.co.id - Anda pasti pernah mengalami motor 'ngadat'. Padahal selama ini tidak ada gejala kerusakan. Sebagai contoh, motor tiba-tiba sulit untuk distarter.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Nah, biasanya pemilik akan menuduh aki sebagai biang keroknya. Padahal, bisa saja karena masalah kelistrikan, seperti sekring putus, atau ada kabel yang terkelupas.

Ya, sistem kelistrikan sebaiknya juga selalu dicek kondisinya. Sebab komponen kelistrikan memang sulit untuk diprediksi umurnya.

Sistem kelistrikan yang baik tentu bikin kinerja pengapian, lampu, dan klakson, tetap optimal. Komponen-komponennya seperti kabel, regulator, aki, pulser, spool, hingga yang kecil dan dianggap sepele seperti sekring.

Dilansir WeloveHonda, Rabu 27 Mei 2015, bagi Anda pemilik motor dengan sistem injeksi, kelistrikan juga merupakan salah satu hal yang penting dalam mengatur pasokan bensin yang disemburkan oleh injektor.

Untungnya, sistem perkabelan di beberapa motor saat ini telah dirancang agar tahan air.

Meski begitu, seiring berjalannya umur dan getaran konstan di motor, tentunya akan membuat daya tahan sistem kelistrikan makin berkurang.

Perawatannya cukup simpel. Dimulai dari mengecek kondisi kabel. Selongsong kabel yang terbuat dari karet biasanya akan getas atau mengeras.

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Kalau sudah mengeras, bisa retak. Kalau ada kawat kabel yang keluar dari selongsongnya, lebih baik cepat ditutup dengan selotip khusus kabel, usahakan jangan pakai selotip biasa.

Kalau sudah korslet, nanti bisa terjadi grounding. Efeknya, arus aki akan tersedot keluar, alias aki cepat soak.

Selain itu, periksa juga soket-soket sambungan antar kabel. Komponen ini rawan berkarat juga kalau sering terkena air.

Cara Ampuh Bersihkan Noda di Karpet Mobil Bahan Beludru

Cara merawatnya sederhana. Cukup semprot cairan penghilang karat agar kerak-kerak korosinya menghilang. Kalau sudah berkarat, daya hantar listrik tidak akan sempurna.

Akibatnya, api busi tidak bisa membakar bensin dengan sempurna. Motor jadi boros bensin, tenaga yang dihasilkan juga loyo.

Kalau mau lebih yakin lagi, soket-soket yang sudah berkerak bisa disikat dengan sikat kawat atau diamplas sampai keraknya habis. Kalau soket sudah menguning dan terlihat gosong, Anda bisa langsung saja menggantinya dengan yang baru.

Anda juga tidak perlu pusing jika kerusakan kabel dan soket-soketnya sudah parah. Tidak salah kalau Anda langsung menggantinya dengan kabel bodi satu set. Selain itu, pastikan Anda menggunakan suku cadang orisinil. (ase)

Oli mesin.

Tips Bedakan Oli Asli dan Oplosan

Banyak produsen nakal yang kini memproduksi oli palsu.

img_title
VIVA.co.id
31 Juli 2017