Cara Mudah Melakukan Pengereman Layaknya Rem ABS

Mengemudi mobil di tengah hujan. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • Carthrottle

VIVA.co.id - Salah satu fitur keselamatan standar mobil dunia saat ini adalah ABS atau Antilock Braking System. Namun, di Indonesia masih banyak model mobil yang menggunakan sistem pengereman tanpa ABS.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

ABS berfungsi untuk mencegah terjadinya penguncian pada ban saat melakukan pengereman tiba-tiba, terutama saat kondisi jalan basah, yang bisa berdampak pada hilangnya traksi ban. Jika ada ABS, maka pedal rem bisa ditekan maksimal, roda mobil tak akan terkunci dan mobil bisa tetap dikendalikan atau diarahkan.

Selain itu, traksi ban akan tetap ada, karena rem akan melakukan penguncian (locking) dan pelepasan (unlocking) secara cepat dan berulang-ulang, sehingga ban bisa tetap berputar.

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya

Nah, jika mobil Anda tak memiliki sistem ABS, Anda masih tetap bisa melakukan pengereman mendadak yang aman, yaitu dengan cara pulse. Dilansir dari Toyota Astra, Jumat, 29 Mei 2015, cara atau teknik ini meniru mekanisme pada sistem ABS. Caranya pun juga cukup mudah, dan Anda tak perlu memasang komponen tambahan apapun. Semuanya bergantung dari teknik kaki dan pedal.

Yang harus Anda lakukan untuk melakukan pengereman yang aman tanpa sistem ABS adalah menekan atau menginjak habis pedal rem secara berulang-ulang. Kemudian, lakukan dengan tempo yang cepat. Dengan melakukan cara ini, ban mobil tak akan mengunci, dan tak akan menyebabkan ban kehilangan traksi pada aspal.

Siapa Bilang Ban Serep Mobil Tak Butuh Perawatan? Wajib Tahu
Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016