Pemerintah Desak Suzuki Jepang Bangun Pusat Riset

Pabrik Suzuki di Indonesia
Sumber :
  • Herdi/VIVA.co.id
VIVA.co.id
Ini Mobil-mobil Terbaru Suzuki di GIIAS
- Bertepatan dengan peresmian pabrik Suzuki yang keempat di Indonesia, pemerintah melalui Kementerian Perindustrian meminta perusahaan berlambang huruf S itu meningkatkan ekspor, termasuk komponen lokal.

Wapres Imbau Produsen Otomotif Manfaatkan Tax Amnesty

Tak hanya itu, Suzuki juga diminta untuk membuat pusat riset dan pengembangan, atau
JK Bangga Penjualan Mobil Capai Satu Juta Unit per Tahun
Research and Development (RnD) di Indonesia, agar mempermudah produk yang akan dibuat.


Dirjen Industri Logam Kementerian Perindustrian, Putu Surya Wiryawan, yang mewakili Menteri Perindustrian Saleh Husein, menegaskan itu di acara peresmian pabrik baru Suzuki keempat di  kawasan Industri Greendland International Industrial Center (GIIC) Blok AC No.1 Kota Deltamas, Cikarang Pusat - Bekasi, Jawa Barat, Jumat 29 Mei 2015.


"Sebab, Suzuki Motor Corporation Japan dalam mengembangkan industri otomotif Indonesia harus selalu meningkatkan hubungan dengan
partner
-nya, khususnya dalam membuat perencanaan jangka panjang dalam membangun infrastruktur industri," tutur Putu.


Selain itu, Putu pun mengharapkan pusat RnD yang dibuat Suzuki tetap berada di satu wilayah dengan pabrik yang dibangun. Dengan harapan, RnD bisa lebih menyerap Sumber Daya Manusia (SDM) dari masyarakat Indonesia.


Sementara itu, menurut Komisaris PT SIM Subronto Laras, R&D Suzuki di Indonesia merupakan tujuan Suzuki di masa yang akan datang. Hanya saja, Subronto kembali mempertanyakan bagaimana dengan kualitas SDM di Indonesian, apakah sudah layak atau belum.


"Karena, dalam membuat mobil itu tidak bisa sembarangan," tegasnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya