Lima Masalah Seputar Mesin Mobil yang Harus Diperhatikan

Ilustrasi mobil mogok
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Kerusakan pada mesin kendaraan bermotor memang sering terjadi, apabila kita kurang memperhatikan perawatan berkala yang harus dilakukan. Karena biasanya, beberapa pengendara tidak mengerti, atau menganggap masalah yang dirasakan pada mobil adalah hal biasa saat berkendara, sehingga membuat kerusakan pada mesin semakin parah.

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Setidaknya, ada empat masalah ini sering dirasakan pengendara, karena kurangnya perhatian terhadap gejala awal kerusakan pada mobil. Berikut daftarnya, seperti yang dilansir dari Auto.my:

Bergetarnya Mesin

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Masalah ini merupakan gejala umum yang sering dianggap tidak masalah bagi beberapa pengendara. Perhatikan hal ini dengan memperhatikan spion mobil, apabila spion bergetar saat mesin menyala, Anda harus memperhatikan hal ini. Sebab, hal ini biasanya adalah tahap awal kerusakan mesin.

Karet dudukan mesin

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya

Karet dudukan mesin, atau biasa disebut dengan engine mounting, terdiri dari beberapa bagian. Salah satunya terletak dekat dengan transmisi. Jika pemasangannya tidak sempurna, akan memengaruhi kinerja transmisi, bahkan bisa merusaknya. Seperti yang kita ketahui, transmisi merupakan salah satu elemen paling mahal pada mesin mobil.

Komponen mesin

Jika salah satu dari bagian ini rusak, kerja mesin tidak akan maksimal, sehingga membuat getaran mesin menjadi berlebihan. Ini dapat menyebabkan mesin mengalami kerusakan, sehingga hal ini harus diperhatikan dengan baik.

Kebisingan

Selain kebisingan berlebihan yang berasal dari mesin, Anda akan mulai mendengar bunyi pada seluruh bagian mobil. Masalah yang lebih besar akan muncul, setelah Anda mulai mendengar suara keras dari belakang, atau dalam mobil, karena hal ini pertanda ada komponen mobil yang tidak terikat oleh baut dengan baik. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya