Mobil Mogok di Perlintasan Kereta Api. Ini Penyebabnya

Perlintasan Kereta Dijaga dengan Insting
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Banyak pengendara mobil kerap mengalami masalah saat melintasi rel kereta api. yakni mobil mendadak mogok saat berada di lintasan. Kondisi ini tentu berbahaya. Sebab, bisa menyebabkan mobil tertabrak kereta api.

Kecelakaan PO Rosalia Indah Karena Diduga Sopir Mengantuk, Ketahui Tips Aman Hindari Rasa Kantuk

Kondisi ini setidaknya terjadi pada 9 Desember 2013 silam di Bintaro. Insiden itu menewaskan tujuh orang dan puluhan lainnya luka-luka.

Banyak faktor yang menyebabkan kecelakaan terjadi, mulai dari nekat menerobos palang perlintasan kereta sampai akhirnya kendaraan khususnya roda empat mendadak mogok di lintasan. Lantas, mengapa kondisi ini bisa terjadi?

Kecelakaan Beruntun di GT Halim Ternyata Libatkan 7 Kendaraan, 3 Gardu Ditutup Sementara

Berdasarkan informasi yang dihimpun redaksi, mogoknya mobil terjadi kemungkinan akibat daya magnetik yang terdapat pada rel kereta api. Daya tarik magnet timbul karena adanya gesekan antara roda kereta dan rel.

Roda kereta api umumnya dari baja berjenis ferritic. Baja jenis ini mempunyai medan magnet yang sangat kuat. Medan magnetnya terkuat ketimbang jenis baja lainnya. Pemilihan baja ini agar kereta melaju stabil.

Kecelakaan Maut di Tol Cipali, Satu Tewas gegara Sopir Minibus Melaju Kencang Seruduk Truk

Kendaraan yang rawan mogok, biasanya adalah kendaraan yang berbahan bakar bensin. Sedangkan yang berbahan bakar solar, tidak akan berpengaruh. Pasalnya, beberapa kendaraan berbahan bakar bensin masih menggunakan platina dan CDI. Saat terkena medan magnet besar, pengapian CDI ini akan terpengaruh, sehingga mesin bisa mati.

Menurut Kepala Bengkel Plaza Toyota, Parman Suhada, hal itu tidak sepenuhnya benar. Sebab, sistem kelistrikan mobil saat ini sudah sangat canggih.

"Mungkin ada pengaruh kelistrikan, tapi boleh jadi hanya pada mobil lama. Untuk mobil sistem kelistrikan mobil zaman sekarang sudah sangat canggih," kata dia seperti dilansir situs resmi Toyota.

Dia mengingatkan, jika hal tersebut memang terjadi (mobil mogok di tengah perlintasan kereta), usahakan jangan panik dan segera keluar dari kendaraan sebelum kereta melintas.

Pendapat senada disampaikan Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consultant (JDDC), hal tersebut sedikit besar memang berpengaruh. Medan elektro magnetik yang terdapat pada rel kereta dapat menyebabkan gangguan kelistrikan, dan parahnya dapat menyebabkan kendaraan mogok.

"Sedikit banyak memang benar karena sistem magnetik di rel kereta api terlebih saat kereta sedang melintas dapat mempengaruhi sistem kelistrikan dan parahnya dapat menyebabkan mobil mogok. Namun saat ini memang sudah banyak mobil yang canggih dalam hal kelistrikannya," kata Jusri.

Tips aman lewati palang kereta api

AstraWorld, memberikan beberapa tips aman yang bisa Anda gunakan saat berkendara di perlintasan kereta api. Apa saja? Berikut ulasannya:

1. Mengurangi kecepatan saat akan melalui perlintasan kereta api. Anda juga harus waspada dengan kondisi kanan dan kiri dengan medengarkan suara sirine sebelum melintas. Jika mendengar suara sirine peringatan, usahakan berhenti 25 meter dari perlintasan.

Jangan sampai gegabah dan menerobos palang kereta api karena merasa masih mampu melintas sebelum kereta lewat. Tindakan semacam ini adalah tindakan nekat yang bisa mengancam nyawa Anda dan pengemudi lain.

2. Jangan terburu-buru untuk melintas meski kereta sudah lewat. Melintas dengan pelan dan aman saja karena lalu lintas baru dibuka kembali.

Saat melintasi perlintasan, sesuaikan putaran mesin dan transmisi kendaran untuk menghindari mesin mati tiba-tiba (engine stall). Anda bisa menghindari roda terjepit dengan memperhatikan arah lintasan roda mobil Anda.

3. Saat berhenti menunggu kereta lewat, berikan jarak aman antara Anda dan pengguna jalan lain. Hal ini untuk menghindari kejadian di mana mobil di depan Anda mogok tiba-tiba.

4. Apabila mobil Anda yang mengalami mogok, jangan panik. Segeralah menetralkan transmisi mobil dan dorong kendaraan menjauhi perlintasan. Mintalah bantuan warga sekitar jika diperlukan.

5. Selalu disiplin dalam berkendara. Jika Anda terbiasa menaati aturan lalu lintas, maka kecelakaan seperti yang banyak terjadi di perlintasan kereta api tak akan terjadi. Di samping itu, manfaatkanlah berbagai fitur mobil Anda untuk membantu berkendara dengan aman serta nyaman.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya