Mudik Naik Motor, Periksakan Tiga Komponen Ini

Reparasi Sepeda Motor Menjelang Lebaran
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Jelang Ramadhan, masyarakat Indonesia biasa melakukan ritual mudik ke kampung halaman. Berbagai cara pun ditempuh, agar bisa berkumpul dan merayakan hari raya bersama keluarga. Salah satunya adalah dengan menggunakan sepeda motor.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Bagi masyarakat yang memiliki rencana mudik dengan mengendarai sepeda motor ataupun hanya sekedar turing jarak jauh, Technical Training Development PT Astra Honda Motor (AHM), Sarwono Edhi, memberikan beberapa tips jitu.

Menurut Edhi, setidaknya ada tiga aspek yang harus diperhatikan dan diperiksa, sebelum para rider melakukan perjalanan jauh menggunakan sepeda motor, yaitu sasis atau rangka, mesin dan juga sistem kelistrikan.

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

"Pada bagian sasis, yang harus dicek seperti pada bagian steering, suspensi, kembangan ban, tekanan ban. Pastikan bagian tersebut aman, nyaman, dan sesuai," ujar Edhi kepada VIVA.co.id, Rabu 10 Juni 2015.

Untuk mesin, kata Edhi, saat dilakukan pengecekan, perhatikan suara mesin (kasar atau halus), minta kepada mekanik agar mesin motorĀ  di-setting ulang.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

"Pastikan juga oli dalam kondisi baik, kalau bisa diganti," katanya.

Ketiga, lanjut Edhi, adalah aspek kelistrikan. Beberapa bagian yang harus dicek yakni bagian lampu, klakson dan tak lupa bagian aki dipastikan memiliki tegangan sesuai kadarnya.

Edhi pun menyarankan, untuk perjalanan jauh, ban merupakan salah satu faktor yang penting. Oleh karena itu, menggunakan ban jenis tubeless merupakan pilihan utama.

"Sebab, kalau terjadi masalah kebocoran, ban tak langsung kempis. Jadi bisa dibawa ke bengkel AHASS atau bengkel terdekat," ujarnya.

Mesi demikian Anda tidak disarankan mudik menggunakan sepeda motor. Ada baiknya, bila di kampung membutuhkan kendaraan, sepeda motor Anda bisa dikirim melalui perusahaan logistik. Lalu Anda bersama keluarga mudik naik bus atau kereta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya