Bisa Deteksi Jalanan Berlubang, Fitur Ini Cocok di Indonesia

Fitur canggih deteksi jalan berlubang.
Sumber :
  • www.autoblog.com
VIVA.co.id
Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya
- Jaguar-Land Rover, perusahaan mobil asal Inggris, tengah mengembangkan teknologi terbaru yang disebut
Pothole Alert
Mobil Jaguar Rp2 Miliaran Meluncur di GIIAS
. Perangkat ini berfungsi mendeteksi lubang.
Teknologi Masa Depan Honda Siap Dipajang di GIIAS 2016

Dilansir
Autoblog
, Jumat 12 Juni 2015, teknologi ini dilengkapi kamera stereo, yang berfungsi memindai permukaan jalan, aspal berlubang, jalan yang melintasi saluran air rusak, dan masalah lainnya. Setelah dipindai, data-data tersebut akan langsung terkoneksi melalui internet.


Belum sampai disitu, teknologi ini dapat mendeteksi lubang dalam waktu sepersekian detik, dimana pengemudi mendapat tanda hingga akan memperlambat dan menghindari lubang atau dengan kontur jalan berbahaya.


Kemungkinan, mobil ini nantinya bisa secara otomatis menyesuaikan pengaturan suspensi, sehingga mengurangi dampak benturan yang berpotensi ban terkena 'tikaman', higga berujung fatal karena

kecelakaan.


Menurut Mike Bell,
Global Connected Car Director
Jaguar-Land Rover, teknologi ini diharapkan dapat memberikan kenyamanan penumpang akibat permukaan jalan yang tidak rata dan rusak.


"Kami pikir ada kesempatan besar untuk mengubah informasi dari sensor kendaraan menjadi 'data besar' dan berbagi untuk kepentingan pengguna jalan lainnya. Hal ini dapat membantu mencegah kerusakan

kendaraan yang mahal," kata dia.


Untuk sementara, pengembangan teknologi anyar ini baru diuji menggunakan unit Range Rover Evoque yang bekerjasama dengan pemerintah Kota Coventry, Inggris. Kota ini dianggap cocok karena merupakan kota pintar dan sesuai dengan misi tersebut.


Jika pengembangan teknologi ini berhasil, tentu saja mobil-mobil Land Rover sangat cocok dikendarai di Indonesia. Sebab, seperti kita tahu, jalanan di Indonesia masih banyak bergelombang dan berlubang. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya