Menjajal Kemampuan Off-road Mobil Citycar Suzuki

Test drive Suzuki Celerio.
Sumber :
  • VIVA/Herdi Muhardi

VIVA.co.id - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) baru saja meluncurkan produk terbarunya, Suzuki Celerio, di Jakarta Fair Kemayoran 2015, yang digelar di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu 6 Juni 2015 lalu.

Mobil Crossover Baru Suzuki Terpajang Rapi di GIIAS 2016

Kini, Suzuki Indonesia mengundang awak media, termasuk VIVA.co.id, untuk merasakan performa mobil yang di datangkan utuh langsung dari Thailand tersebut.

Meski mengusung konsep city car, pengujian Suzuki Celerio rupanya tak dilakukan di tengah kota, melainkan di kawasan Sentul City, Bogor, Jawa Barat.

Menaklukkan Himalaya dengan Motor Royal Enfield

VIVA.co.id mendapat kesempatan untuk mengendarai dengan Celerio dengan mesin yang telah dibenamkan teknologi transmisi CVT (Continuously Variable Transmission).

Eksterior

Toyota Calya Bisa Dijajal di GIIAS

Sebelum merasakan performa, ada baiknya sedikit mengulas bagian luar. Secara desain, Suzuki rupanya tetap mengusung desain boxy, namun Celerio memang sedikit lebih sporty dan stylish, berkat adanya garis-garis tajam di bagian sisi.

Desain ini diberikan kepada Celerio mungkin karena merupakan salah satu produk global Suzuki. Selain itu, mobil ini juga memiliki warna bodi yang senada dengan spion, ditambah lagi adanya grille berlabur warna krom, sehingga memberikan kesan mewah.

Celerio dilengkapi dengan High mount LED stop lamp pada ducktail dan velg cast wheel ukuran 14 inci palang enam. Secara dimensi, Suzuki Celerio memiliki panjang 3,6 meter, lebar 1,6 meter dan tinggi 1,54 meter.

Selanjutnya.....interior dan performa...

Interior

Memasuki dalam kabin, kombinasi warna hitam dan abu-abu tampak mendominasi bagian kabin. Sebelum menjajal kemampuan mobil, VIVA.co.id lebih dahulu memposisikan diri sebagai penumpang belakang. Jika memiliki tinggi badan 170 sentimeter, bagian belakang terasa tak sempit.

Kursi Celerio cukup nyaman, meski busanya sedikit keras. Bahkan ketika menjadi penumpang dan mobil melaju, kabin memang masih nyaman.

Untuk kapasitas bagasi, Celerio cukup lega, karena memiliki kapasitas 254 liter, dan dapat ditambah dengan melipat kursi baris kedua sesuai kebutuhan.

Ketika duduk di depan, bagian dasbor telah disematkan head audio unit yang bisa memutar radio, MP3 serta dilengkapi oleh USB dan AUX. Secara umum, fitur hiburan ini bisa dibilang cukup.

Saat berada di belakang lingkar kemudi, jika memiliki tinggi badan 165 sentimeter, rupanya masih nyaman. Belum lagi lingkar kemudi yang mengusung desain palang tiga, memberi kesan mobil modern.

Performa

Diawali dengan tuas transmisi digeser ke posisi D (Drive) dan pertama kali pedal gas diinjak, mobil ini bisa disebut cukup responsif. Maklum, Celerio menggunakan teknologi CVT.

Ketika pedal gas kembali diinjak lebih dalam saat kecepatan sedang, mobil pun sangat mudah dikendalikan. Sayangnya, handling cenderung terlalu ringan. Bahkan saat mobil dipacu dengan kecepatan 60 kilometer per jam dan rem tangan ditarik penuh, bagian belakang mobil bergeser dengan mudah.

Untuk memberikan tantangan, jalur bebatuan dan gundukan tanah tanjakan juga dijajal. Meski suspensi sedikt keras, namun mobil ini ternyata sanggup melibasnya. Ini karena jarak bodi ke tanah yang mencapai 145 milimeter. “City car semi off-road nih,” celetuk rekan media.

Sekedar informasi, Suzuki Celerio menggendong mesin tiga silinder berkapasitas 998cc, yang sanggup menghasilkan tenaga hingga 67 daya kuda dan torsi maksimum 90 Newton meter. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya