Hummer Murah Meriah, Bikinan Sleman

Hummer replika buatan Eko, warga Sleman.
Sumber :
  • Capture tvOne

VIVA.co.id - Mobil Hummer terkenal sebagai kendaraan penjelajah bertubuh bongsor yang memiliki banderol selangit. Namun tidak bagi ''Hummer" yang satu ini.

Ya, bentuknya memang menyerupai Hummer sungguhan. Namun ternyata, mobil itu ialah replika alias tiruan yang dibuat seorang warga Sleman, Yogyakarta. Pria mahir pembuat "Hummer" itu ialah Eko Budi Rahmanto (59), warga Desa Banjarsari, Kecamatan Pakem, Sleman, Yogyakarta.

Menurutnya, sejak 2004, sudah ada 10 Hummer replika yang berhasil dibuatnya. Mobil-mobil itu laris terjual lantaran harganya yang terbilang miring, serta jauh dari banderol aslinya. Meski berstatus replika, para konsumen Eko mengaku puas dengan hasil karyanya, baik eksterior, interior, maupun sektor kaki-kakinya.

"Awalnya, saya membuat 'Hummer' ini saat beli di Jakarta. Keadaannya hancur semua, enggak bisa jalan. Akhirnya saya bawa ke Yogya, dan memperbaikinya. Baik bodi dan sebagainya saya ikuti semua, dan saya berhasil bikin itu jadi bagus," kata Eko saat diwawancarai tvOne, beberapa waktu lalu.

Ia mengklaim, meski bukan mesin sungguhan Hummer, namun kekuatan mesinnya mendekati aslinya. Bodinya pun ia katakan satu banding satu dengan aslinya. Sebab, model yang digunakan serupa dengan aslinya.

Holden Klasik, Kembali ke Ciri Khas Negeri Kanguru



"Kalau mesin saya pakai mesin Jepang, sulit cari mesin Hummer asli. Kalaupun ada, pasti sangat mahal sekali. Tetapi, kalau lampu-lampu dan spion saya belikan aslinya Hummer," lanjutnya.

Untuk menyulap Hummer tersebut, ia mengaku merogoh dana sekira Rp400-Rp450 juta. Ia biasanya mematok karyanya di atas itu, namun tak sampai Rp1 miliar.

"Sebenarnya pesanan banyak yang minta dibuatkan mobil Hummer. Tetapi karena harganya yang mahal, saya belum berani terima order. Saat ini hanya kolega-kolega dekat saja. Anggarannya besar soalnya, saya enggak berani ambil risiko," kata dia.

Modifikasi Honda Odyssey: Bunglon yang Mudah Bergaul
bumper tanduk  pada mobil

Aksesori Mobil Ini Berbahaya Jika Digunakan di Dalam Kota

Saat tabrakan, kendaraan lain bisa rusak parah.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016