5 Kendaraan 'Ngejreng' Berlapis Emas, Bikin Silau Mata

Mobil berlapis emas
Sumber :
  • Dong Jinlin/Color China Photo/AP Images

VIVA.co.id - Kendaraan dengan sentuhan modifikasi dianggap sebagian orang dapat menaikkan derajat sang empunya. Hal itu terjadi karena kendaraan dengan gaya berbeda akan lebih mudah mencuri perhatian orang-orang di sekitarnya ketimbang kendaraan dengan tampang keluaran pabrik.

Tak heran jika kemudian sebagian pemilik kendaraan berusaha mengubah penampilan kendaraannya, salah satunya dengan melapisinya dengan emas.

Setidaknya, ada lima kendaraan berlapis emas yang sukses menghebohkan dunia. Apa saja? Berikut daftarnya:

1. Mobil emas saudagar Inggris, Rp520 miliar

Mobil Lapis Emas Bos Pakaian Dalam Rp520 M

Mobil berlapis emas yang satu ini merupakan milik seorang pengusaha terkenal asal Inggris, Theo Paphitis. Pengusaha pakaian dalam Boux Avenue ini memilih emas dilebur di mobil kesayangannya, Maybach 62.

Dilansir Automotto, mobil made in Jerman ini memang sangat istimewa karena dibuat secara handmade dan hanya diproduksi 62 unit. Tapi yang membuat mobil itu lebih memukau adalah lapisan emas di seluruh bodi dan interiornya.

Mobil yang terlihat menyilaukan itu memiliki harga banderol Rp12 miliar. Namun karena dilapisi emas, harga mobil ini melambung menjadi Rp520 miliar.

Karena penggunaan bahan mahal dan dan berat, mobil ini tidak bisa melaju kencang dan sangat boros bahan bakar. Kecepatan maksimalnya hanya tembus 75 kilometer per jam, sedangkan konsumsi BBMnya satu liter untuk satu km.

2. Ferrari lapis emas murni milik petarung

Mobil Ferrari Petarung Ini Berlapis Emas

Aksesori Mobil Ini Berbahaya Jika Digunakan di Dalam Kota

Mobil berlapis emas lainnya datang dari seorang kickboxer ternama asal Irak, Riyadh Al-Azzawi. Daily Mail melaporkan, kickboxer berpenghasilan tinggi itu tak hanya membeli supercar mewah Ferrari 458 Spider. Merasa hartanya berlimpah, Riyadh kemudian juga melapisi mobil berharga selangit itu dengan emas murni.

"Saya sering melihat supercar mewah berkeliaran di London, namun ini berbeda, karena Ferrari itu telah dilapisi emas. Tentu mobil ini bisa menyebabkan keributan," sebut seorang warga London, Tim Burton.

Sementara itu, berdasarkan laporan yang berhasil dihimpun, Riyadh telah merogoh kocek hingga Rp780 juta untuk melapisi mobilnya dengan emas. Meski emas dioplos dengan campuran lain, mobil tetap nampak menyilaukan mata saat terkena sinar matahari.

Sebagai pelangkap jati diri, ia juga menjejali Ferrari-nya dengan pelat nomor cantik F IRAK, yang berarti tanah kelahirannya.

3. Bus tingkat berlapis emas di Tiongkok

Bus Tingkat Berlapis Emas Hebohkan Pejalan Kaki

Jika beberapa kaum tajir memilih mobil sport untuk dilapisi emas, lain halnya dengan yang ada di Tiongkok. Sebuah toko perhiasan yang terletak di Kota Jinan, Tiongkok, rupanya memiliki sebuah bus tingkat berlapis emas.

Dilansir Shanghaist, saking takjubnya warga sekitar dengan modifikasi bus tingkat tersebut, mereka rela berdesakan untuk melihat mobil itu. Ya, seluruh eksterior bus dilapisi dengan cat khusus yang mengandung emas.

Tidak hanya bagian luar, interior bus tingkat ini juga tak luput dari sentuhan warna emas, mulai dari pegangan besi hingga dudukan tirai. Di sepanjang pegangan besi digantungkan aneka jenis perhiasaan yang juga terbuat dari emas.

Meski tidak menyebutkan kadar emas yang digunakan, namun pihak toko mengatakan bahwa mereka menghabiskan dana hingga lima juta Yuan, atau setara Rp10 miliar, untuk mendekorasi bus tersebut.

4. Motor BMW jadul berlapis emas

Motor Boleh Lawas, Tapi Setengah Bodinya Lapis Emas

Tidak hanya antik, sepeda motor lama jika dirawat tentu akan memiliki nilai jual lebih. Bahkan bila sudah hobi, apa saja akan dirubah hanya untuk motor kesayangan.

Seperti dilansir Autoevolution, seorang pria asal distrik London Camden, Inggris bernama Adam, rela merogoh kocek lebih dalam hanya untuk memodifikasi motor lawasnya BMW R80/7.

Tidak tanggung-tanggung, motor asal Jerman yang dirakit sekitar 1970-an itu ia modif ala Untitled Motorcycle dan dilebur dengan emas pada beberapa sisi. 

Memang tidak menyeluruh, hanya saja balutan emas tersebut dikombinasikan dengan aksen warna hitam pada bagian motor tersebut. Adapun emas tersebut dilebur dan disematkan pada tangki, batok lampu, spakbor depan-belakang, serta logo yang tertempel pada bagian lampu belakang.

Bukan tanpa alasan Adam melakukan ini, dia melakukannya lantaran terinspirasi dari sebuah bingkai foto tua miliknya yang sederhana namun mengesankan.

Motor tua tersebut juga dirapikan mulai dari kabel, hingga jok bergaya "nakal" berkelir hitam yang didesain kostum dan diproduksi Glenn Moger of Spirit.

5. Vespa berlapis 500 lembar emas 23 karat

Ingin Motor Anda Larinya Kencang dan Irit BBM? Ini Caranya

Berlabur Emas 23 Karat, Vespa Tua Ini Terlihat Menyilaukan

Tak hanya mobil sport dan motor gede saja yang memiliki ubahan signifikan untuk tampil gemilang. Hal itu dipatahkan oleh Vespa tua buatan tahun 1964 yang sekujur tubuhnya dibaluri emas 23 karat.

Tak heran, jika kemudian Vespa itu tampil 'ngejreng' dan menyilaukan mata, terlebih jika dibesut di jalan raya. Demikian dilansir Scooternet.

Vespa tua berlabur emas ini rupanya dibangun oleh rumah modifikasi dan spesialis penyedia spare parts Vespa hi-performance, Polini. Untuk membalut si besi tua, Polini bahkan menghabiskan sekira 500 lembar emas. Mereka pun mengaku harus bekerja ekstra keras lantaran lembaran emas mudah rapuh saat dilakukan pembalutan.

Agar semakin tampil istimewa, Polini juga membuatkan pipa gas buang 'mewah' yang biasa dijejali pada Vespa Primavera 125. Beberapa komponen juga tersemat pada Vespa emas ini, yakni crankshaft advance, karburator Polini 24 mm, sistem pengapian digital, dan penerangan lampu 12 volt.

Press conference acara Suryanation Motorland 2016.

Ribuan Komunitas Motor Bakal Meriahkan Kontes Modifikasi

Acara akan digelar di delapan kota besar.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016