Perbandingan Harga Suku Cadang Vario 150 dan NMax

Honda Vario 150 eSP vs Yamaha NMax
Sumber :
  • tmcblog

VIVA.co.id - Dengan meluncurnya NMax yang tidak dilengkapi dengan fitur Anti-lock Braking System (ABS) pada sistem pengeremannya, Yamaha resmi bersaing dengan rivalnya, Honda, di kelas harga Rp20-25 juta.

Suku Cadang Palsu Diminati, karena Harga Asli Kemahalan?

Saat ini, Honda mengandalkan Vario 150 eSP, yang dijual dengan harga Rp20,2 juta. Sementara dari Yamaha, Nmax non ABS dibandrol Rp23,5 juta. Meski lebih mahal, namun NMax menyajikan pengalaman berkendara yang berbeda dibanding Vario.

Hal ini terlihat dari bentuk NMax yang sudah mengusung konsep skuter berkapasitas mesin besar. Meski Honda memiliki pesaing NMax, yakni PCX 150, namun bandrolnya yang mencapai Rp39,8 juta tentu tidak bisa bersaing langsung dengan produk Yamaha.

Polisi Bingung Suku Cadang Motor Palsu Lebih Diminati

Bila Vario mengusung mesin berkapasitas 150cc, maka NMax hadir sedikit lebih besar, yaitu 155cc. Tenaga yang dihasilkan NMax mencapai 14,8 daya kuda dan torsi 14,4 Newton meter, sementara tenaga Vario 150 yakni 12,4 daya kuda dan torsi 12,8 Newton meter.

Secara spesifikasi mesin, Vario 150 tertinggal cukup jauh. Namun bagaimana dengan harga suku cadangnya?

Beli Kaca Spion 'KW' Justru Rugi Besar, Kenapa?

Berdasarkan penelusuran VIVA.co.id pada situs masing-masing produsen, ada beberapa suku cadang yang harganya terpaut cukup jauh. Suku cadang yang pertama adalah aki motor, dimana aki Vario 150 berkapasitas 6 Ampere hours (Ah) dan dijual dengan harga Rp267 ribu.

Untuk aki motor NMax, kapasitasnya 7 Ah dan dibanderol Rp325 ribu. Perbedaan harga yang cukup jauh juga ada pada komponen v-belt atau drive-belt, yakni sabuk yang berfungsi memutar roda belakang. Sabuk Nmax dilepas dengan harga RpRp116 ribu.

Untuk sabuk Vario 150, banderolnya adalah Rp348 ribu. Alasan sabuk Vario 150 dua kali lipat lebih mahal dari milik NMax adalah karena sabuk ini menggunakan sistem double cog, dimana kedua sisi sabuk memiliki alur gerigi. Tujuannya adalah untuk mengurangi efek retak pada sabuk tersebut.

Komponen terakhir yang harganya terpaut cukup jauh adalah peredam kejut atau shockbreaker belakang. Peredam kejut belakang Vario 150 dijual Rp197 ribu di diler-diler resmi Honda.

Sementara untuk NMax, meski harganya tidak terlalu berbeda, yakni Rp204 ribu, namun motor ini menggunakan dua peredam kejut. Alhasil, total harga yang harus dibayar adalah Rp408 ribu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya