Kebut-kebutan Bareng Komunitas di Dunia Virtual

Castrol ajak komunitas kebut-kebutan di dunia virtual.
Sumber :
  • Foto: VIVA.co.id/Rendra Saputra

VIVA.co.id - Baru-baru ini, Castrol Indonesia kembali menggelar acara dengan sejumlah komunitas roda empat di Jakarta. Acara yang dibalut kegiatan buka puasa bersama itu digelar di Kafe Rolling Stone, Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu 27 Juni 2016.

Pada kesempatan ini, Castrol Indonesia menawarkan kepada sejumlah komunitas untuk merasakan masuk ke dunia virtual drift 3D dengan tantangan bertajuk Titanium Trial Driving Challenge.

VIDEO: Kawanan Unta Bikin Mobil di Tol Kocar-kacir

Tantangan tersebut, yakni menggunakan headset canggih Oculus Rift Development Kit 2 yang membuat orang yang memakainya tidak dapat melihat dunia nyata di sekitarnya, namun terbawa ke dalam dunia virtual 3D yang berubah-ubah dan sangat cepat.

Castrol memadukan teknologi video game dan pengalaman mengemudi secara langsung, menggunakan mobil modifikasi dan teknologi virtual reality yang membuat dunia bentukan komputer tersebut merespons gerakan pengemudi dan mobilnya secara real time.

Kebetulan, VIVA.co.id, merupakan satu dari lima media yang mendapatkan kesempatan untuk mencoba tantangan tersebut.

Saat mencobanya, pengalaman seperti dalam video game sangat kental terasa. Setelah memakai kacamata tersebut, suguhan pemandangan menakjubkan seperti batu-batu besar berjatuhan, trek yang runtuh, terowongan, tebing yang curam menjadi satu kesatuan yang ada saat mencobanya.

Tampilan di dunia virtual berubah-ubah ini terjadi, seiring dengan manuver mengemudi Matt Powers, pebalap Formula Drift profesional yang mengendarai Roush Stage 3 Mustang.

Sementara itu, seperti disampaikan Castrol Indonesia, teknologi ini terjadi setelah berhasil menggali data dari diagnosa internal mobil (OBD2) dan sistem pelacakan posisi eksterior (GPS dan pengukuran inersia).

Tim berhasil melakukan sinkronisasi data dengan helm Oculus Rift DK2 milik Matt Power. Hasilnya, pengalaman duduk di balik kemudi ini bisa dialami secara mobile dalam kendaraan yang bergerak.

Hadir, Situs Khusus Buat Wanita yang Hobi Naik Motor

Untuk pertama kalinya, tim berhasil ‘mengubah’ mobil sungguhan menjadi game controller raksasa, memungkinkan kita merasakan dunia virtual hanya melalui helm. (asp)

Pecinta Mega Pro

Pecinta Mega Pro Tumpah Ruah di Jakarta

Komunitas ini besar dari pertengkaran.

img_title
VIVA.co.id
3 Agustus 2016