Ada Mobilio Berpelat Kuning di Semarang

Honda Mobilio jadi armada taksi.
Sumber :
  • Purikencanataksi

VIVA.co.id - Hadir di kelas Low MPV (Multi Purpose Vehicle), Honda Mobilio langsung sanggup menarik konsumen di Indonesia, baik perorangan maupun perusahaan.

Ada Ferrari Jadi Taksi, Jangan Naikkan Alis Anda

Akan tetapi, kabar mengejutkan pun datang, kala penantang Avanza, Xenia, Ertiga, dan Spin itu kini disebut-sebut menjadi armada taksi.

Dari hasil penelusuran VIVA.co.id, Selasa 30 Juni 2015, memang ada satu perusahaan taksi asal Semarang, Jawa Tengah, yang menggunakan Mobilio sebagai armada taksi. Mobilio berpelat kuning milik perusahaan Puri Kencana Taksi mulai dioperasikan pada Maret 2015 lalu.

Ahli Transportasi Ungkap Syarat Taksi Uber Boleh Operasi

Dalam situsnya, perusahaan tersebut membeberkan tarif yang harus dibayar penumpang, yakni buka pintu Rp5.500, satu kilometer pertama Rp5.500 dan kilometer berikutnya Rp3.700.

Menanggapi kabar tersebut, PT Honda Propect Motor (HPM), agen tunggal pemegang merek (ATPM) mobil Honda di Indonesia, tak mau ambil pusing.

PPAD Tuding Pemerintah Bocor Alus dan Masuk Angin

Bahkan, Jonfis Fandy, Direktur Marketing and Aftersales Service PT HPM mengaku telah mendengar adanya perusahaan taksi yang menggunakan Mobilio sebagai mobil angkut.

“Mungkin mereka sebelum (membeli) sudah pasti melakukan pengecekan, mulai dari cek masalah bensin, cek servis berkala, cek realibilitas, dan itu sudah dilakukan lama,” kata Jonfis di Jakarta, tadi malam, 29 Juni 2015.

Jonfis menyatakan, meski Honda tidak menjual Mobilio yang dimodifikasi khusus menjadi armada taksi, namun mereka tak bisa menolak adanya konsumen yang ingin melakukan pembelian.

“Bukan enggak mau jual, tapi saat ini Honda tak ada kebijakan untuk membuat mobil taksi. Kalau perusahaan beli, yah terserah. Kita tidak bisa apa-apa,” ucapnya.

Jonfis juga menyadari, bahwa adanya Mobilio sebagai armada taksi tak terlalu mengganggu keinginan konsumen, karena mobilnya disamakan dengan mobil angkutan.

“Tapi itu bukan grade yang atas biasanya. Paling Mobilio tipe S (tipe terendah),” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya