Pakai Ban Bekas Balap Motor, Aman Tidak?

Ilustrasi ban yang khusus dipakai saat balap motor.
Sumber :
  • Welovehonda

VIVA.co.id - Bagi mereka yang gemar memacu sepeda motor, ban adalah salah satu komponen yang perlu perhatian khusus. Hal ini dikarenakan ban memegang peranan penting untuk menjaga agar motor tetap bisa melaju kencang di tikungan serta mencegah pengendara tersungkur ke aspal.

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Biasanya para pemilik motor mengganti ban bawaan pabrik dengan merek, tipe, dan ukuran yang berbeda. Pemotor biasanya menggant ukuran ban dengan tapak yang lebih lebar, berharap cengkeraman pada aspal saat menikung bisa lebih baik.

Sayangnya, harga ban tidaklah murah, apalagi jika mengincar ban-ban yang khusus digunakan untuk balapan. Ban khusus balap memiliki spesifikasi yang berbeda dengan ban biasa, baik dalam hal jenis kompon maupun alurnya.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Untungnya, ada satu alternatif yang bisa dicoba, seperti dilansir dari Welovehonda, Kamis 2 Juli 2015. Pemotor bisa mencoba datang ke acara-acara balap yang kerap diselenggarakan di beberapa kota.

Setelah acara berakhir, biasanya tim yang ikut balap menjual ban-ban yang mereka gunakan. Ban-ban itu memang sengaja dijual, karena hanya dipakai selama satu atau dua kali balapan saja.

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya

Harga yang ditawarkan juga lebih murah ketimbang membeli dalam kondisi baru. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan saal membeli ban bekas balap. Yang pertama adalah pastikan bahwa ban tersebut masih layak pakai.

Cara memeriksanya bisa dengan melihat ketebalan kompon serta seberapa banyak kompon yang termakan aspal pada bagian samping. Hal kedua yang juga tidak kalah penting adalah memilih jenis ban.

Ban dengan kompon slick memang bisa membuat motor menikung lebih tajam, namun bila digunakan setiap hari, maka dalam waktu kurang dari tiga bulan akan segera habis kompon bannya.

Jika sering melintas di jalan yang basah, maka pilih ban yang memiliki alur untuk jalur air. Ban tipe slick sangat tidak ideal digunakan untuk menerobos genangan, karena tidak memiliki jalur untuk membuang air.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya