Periksa Enam Komponen Motor Ini Sebelum Mudik

Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Mudik ke kampung halaman sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia menjelang hari raya Idul Fitri. Berbagai cara ditempuh, agar bisa berkumpul bersama keluarga. Salah satunya mudik dengan sepeda motor.

Ahmad, selaku pemilik bengkel Eka Jaya Motor, yang terletak di kawasan Jakarta Barat, mengatakan terdapat enam komponen yang harus diperhatikan sebelum melakukan perjalanan jauh dengan sepeda motor.

"Penting bagi pengendara untuk memeriksa kendaraan saat hendak melakukan perjalanan jauh, terlebih apabila mudik. Karena mudik biasanya perjalanan akan memakan waktu lebih banyak karena kemacetan,” katanya kepada VIVA.co.id, Jumat 3 Juli 2015.

Nah, untuk memandu para pemudik yang menggunakan sepeda motor, Ahmad memberikan tips sederhana. Menurutnya, paling tidak enam kompenen sepeda motor harus dipastikan dalam kondisi 'siap tempur' sebelum mudik.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Enam komponen tersebut adalah:

Cek accu
Tegangan yang disarankan pada accu sekitar 12 volt, apabila kurang, starter akan mengalmi kendala, apabila terus dipaksakan akan merusak ECM khususnya untuk motor injeksi.

Kampas rem
Kampas rem menjadi hal yang wajib dikontrol sebelum melakukan perjalanan panjang seperti mudik lebaran. Cek kampas rem, apakah masih baik bila digunakan untuk perjalan jauh.

Lampu dan indikator motor
Penting untuk mengecek lampu sebagai penerangan di malam hari, serta indikator apabila kita ingin berbelok atau mengerem. Akibatnya fatal bila ada salah satu lampu yang putus. Selain itu, trek yang panjang memungkinkan adanya lubang di jalan yang bisa berbahaya. Penerangan menjadi hal penting.

Rantai
Pastikan tegangan rantai ada dititik yang benar. Rantai yang terlalu longgar biasanya akan berefek pada suara berisik dan gampang  lepas dari gearset. Sedangkan rantai yang terlalu kencang akan merusak gigi gearset. Selain itu, jangan lupa untuk melumasi rantai motor, agar bisa bekerja optimal.

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya

Karburator
Janga lupa untuk membersihkan karburator, di bagian mainjet dan slowjet. Selain itu stel karburator sesuai kebutuhan mesin, agar performa tetap maksimal.

Ban dan bearing
Mengecek tekanan angin pada ban sebelum mudik juga tak kalah penting. Selain tekanan angin, kondisi ban juga harus diperiksa, jika tebal alur ban kurang dari 0,5 cm, sebaiknya mengganti ban dengan yang baru. Bearing, atau laher wajib diperiksa sebelum memulai perjalanan. Kondisi laher yang bagus di bagian kemudi akan membuat stang kemudi tetap stabil saat sedang melaju di jalur bergelombang. Sedangkan roda motor akan stabil, jika bearing di ruas roda dalam kondisi prima. (asp)

Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016