Cara Gampang Ketahui Kampas Kopling Mobil Sudah Habis

Ilustrasi kopling
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Tips Bedakan Oli Asli dan Oplosan
- Biasanya, para pemilik mobil hanya fokus melakukan perawatan pada bagian mesin dan eksteriornya saja. Sedikit sekali, pemilik yang memperhatikan kondisi kopling mobil. Padahal, kopling merupakan elemen vital, terutama untuk mobil manual.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Dalam kopling, ada sebuah peranti yang bernama kampas, fungsinya sebagai penyalur tenaga mesin ke transmisi. Sebesar apa pun tenaga mesin yang dihasilkan, namun bila kampas kopling habis, maka tak akan ada tenaga yang disalurkan.
Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya


Tanda-tanda kampas kopling bermasalah, sebetulnya acapkali sudah terjadi. Namun, banyak di antara pemilik mobil yang tak sadar kondisi tersebut.

Seperti disampaikan dalam situs resmi Toyota, jika kampas kopling mulai habis, transfer tenaga ke roda juga akan berkurang. Selain itu, risiko kampas kopling yang mulai habis bisa menjadikan mobil boros BBM.


Kampas kopling memiliki usia masa pakai dan bisa bergantung dari waktu serta jarak tempuh kendaraan. Tergantung mana dulu yang dicapai, serta faktor karakter pemakaian kendaraan itu sendiri.


Pada kondisi normal, kampas kopling bisa habis pada kisaran jarak tempuh 20 ribu kilometer dan bila telah mencapai angka itu, maka gejala kampas kopling habis akan mulai terasa.


Pertanyaannya, bagaimana cara mudah mendeteksinya jika kampas kopling sudah habis?


1. Akselerasi mesin lemah


Bila kampas kopling sampai habis, tidak akan bisa mentransfer tenaga dari mesin dan menyebabkan akselerasi menjadi lemah. Hal ini tak akan memengaruhi
top speed
, namun mobil akan membutuhkan waktu yang lebih panjang.


Contohnya, saat Anda bisa mencapai kecepatan 100 kilometer per jam dalam waktu 10 detik, saat kampas kopling masih tebal. Namun, saat kampas kopling sudah mulai aus, maka waktu yang dibutuhkan mungkin lebih panjang yakni sekira 15 detik, atau lebih.


2. Selip kopling


Gejala selip kopling juga akan sering timbul sebagai tanda kampas kopling habis. Namun, gangguan ini juga bisa terjadi akibat pemilihan oli yang tidak sesuai dan penggunaannya yang terlalu lama.


3. Putaran mesin tinggi


Tanda ini disebabkan, karena pengaruh akselerasi yang melemah dan kampas mulai licin, sehingga mesin berputaran tinggi walau kecepatannya standar.


4. Tenaga mesin berkurang


Jika mobil memiliki rpm yang semakin tinggi, namun kecepatannya masih rendah, ada kemungkinan kampas kopling sudah mulai habis. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya