3 Cara Mudah Bikin Mobil Matic Lebih Irit BBM dari Manual

Mobil transmisi matik.
Sumber :
  • bosmobil.com
VIVA.co.id
Tips Bedakan Oli Asli dan Oplosan
- Mobil bertransmisi otomatis, alias matic dahulu acapkali dianggap sebagai kendaraan mahal. Sebab, dahulu mobil matic identik dengan mesin besar, mewah, dan harganya yang mahal. Namun, kini tak lagi demikian. Mobil matic harganya kian terjangkau, lengkap dengan penjejalan girboks pintar ini.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya
Ya, mobil ini memang terlihat andal dan memudahkan pengemudinya jika dibesut di jalanan perkotaan. Karena, pengoperasiannya hanya tinggal gas-rem saja tanpa repot-repot memindahkan gigi persneling.

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya
Namun, hal yang dianggap negatif terhadap mobil jenis ini ialah dalam hal konsumsi bahan bakar yang boros. 

Nah, biar tambah pintar lagi mengoperasikannya, ada kiat menarik khusus buat mobil bertransmisi matic. Terutama, mobil matic dengan kapasitas mesin kecil. Selain nyaman, konsumsi bensin juga bisa irit.

Menurut Rahmat Hidayat, penggawa Trio Jaya Motor di Ciputat Raya, Jakarta Selatan, hal yang membuat konsumsi bahan bakar mobil matic irit ialah karakter pengendaranya. Mobil matic menjadi boros, karena pengemudi yang sering melakukan kick down untuk berakselerasi.

"Jangan digentak (gas), akan lebih pas kalau gas diurut dan biarkan matic memindah gigi sesuai kecepatan. Itu untuk mengatur suplai bahan bakar, agar tak berlebih ke ruang bakar," kata Rahmat saat berbincang dengan VIVA.co.id, beberapa waktu lalu.

Dalam kondisi tertentu yang membutuhkan akselerasi tinggi di awal, lanjutnya, gunakan mode manual pada transmisi matik, seperti 1.

"Mobil matic itu kalau tuas sudah dimasukkan ke D akan menahan maju. Sehingga, dengan melepas pedal rem saja, mobil akan meluncur," kata dia.

Selain itu, agar konsumsi bahan bakar makin mumpuni, pengemudi juga bisa mengaktifkan fitur ecodrive yang sudah banyak diaplikasikan pada mobil keluaran terbaru. Pengemudi tinggal mengikuti panduan yang terdapat pada panel ecodrive atau baca buku panduan terlebih dahulu.

"Pokoknya, kunci matic irit ya itu, lepas pedal rem, urut pedal gas, dan hindari kick down," kata dia. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya