Suzuki Splash 'Disuntik Mati'. Bagaimana di Indonesia?

Suzuki New Splash
Sumber :
  • Carbuzz

VIVA.co.id - Kabar mengejutkan datang dari salah satu pabrikan mobil asal Jepang, Suzuki. Salah satu produk mereka yang diproduksi di India, Splash, dikabarkan telah disuntik mati alias dihentikan produksinya.

Ini Mobil-mobil Terbaru Suzuki di GIIAS

Dilansir Motorbeam, Senin, 6 Juli 2015, mobil yang di India disebut Ritz itu dilaporkan sudah disuntik mati secara global sejak tahun lalu. Sebagai penggantinya, Suzuki kemudian menghadirkan Celerio yang diketahui juga sudah meluncur di Indonesia.

Menanggapi hal itu, Suzuki Indonesia bergeming. Suzuki mengaku tidak mengetahui jika Splash disuntik mati. Padahal, Splash diketahui juga diimpor dari India.

Cari Diskon Mobil Suzuki? Berikut Daftarnya

"Jujur kami belum tahu terkait informasi itu. Namun, kita akan kroscek ke India, apakah benar dan Suzuki India akan membuatkan Splash khusus untuk Indonesia," ujar Makmur, 4W Marketing Planning - Dealer Network Development Section Head Suzuki Indomobil Sales (SIS) kepada VIVA.co.id, Senin, 6 Juli 2015.

Ia mengatakan, Splash saat ini masih terbilang laris di Indonesia. Sebab, market share-nya cukup tinggi. Meski tidak merinci berapa jumlah unit yang berhasil dijual, tren penjualan Splash dikatakan Suzuki mengalami peningkatan.

Ratusan Mobil di Diler Suzuki Dijarah, Bangunan Dibakar

"Di diler-diler saja saat ini untuk memiliki Splash mesti inden, artinya pasar masih cukup baik. Tapi kita tidak tahu jika Splash di India akan di-discontinue. Selama ini kami impor Splash dari India 6 ribu unit per tahun," ujar Makmur.

Splash merupakan varian Suzuki yang basisnya diambil dari Swift. Mobil ini memiliki keunikan pada desain lampu belakang dan atap yang tinggi. Di India, diler-diler Maruti bahkan sudah tidak lagi menjual mobil ini pada konsumen biasa. Maruti Ritz nantinya hanya akan dijual kepada mereka yang hendak menggunakan mobil tersebut sebagai armada taksi.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya