Perkenalkan Stella Lux, Mobil Tenaga Surya Buatan Mahasiswa

Stella Lux
Sumber :
  • nltimes
VIVA.co.id
Wapres Imbau Produsen Otomotif Manfaatkan Tax Amnesty
- Sekelompok mahasiswa di Belanda, berhasil menciptakan mobil tenaga surya dengan bentuk yang sangat unik. Mobil keluarga yang disebut Stella Lux ini juga telah berhasil diuji coba.

JK Bangga Penjualan Mobil Capai Satu Juta Unit per Tahun

Seperti dilansir
Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor
Daily Mail , Selasa 7 Juli 2015, dengan bentuk yang sangat unik, mobil keluarga tenaga surya ini mampu menempuh jarak 621 mil dalam kondisi baterai terisi penuh.


Bahkan, mobil ini diklaim menjadi kendaraan yang paling irit untuk penggunaan energinya. Rencananya mobil ini akan disertakan dalam World Solar Challenge di Australia pada akhir tahun ini.


Mobil ini dikembangkan Solar Team Eindhoven (STE) yang berisi 21 mahasiswa dari fakultas berbeda dari Eindhoven University of Technology. "Mobil keluarga ini menawarkan skenario masa depan," kata manajer STE, Tim Tom Selten.


Tak hanya akan disertakan dalam World Solar Challenge, mobil unik ini juga akan menjalani
tour
panjang menjelajahi beberapa negara seperti Belanda, Tiongkok hingga Amerika Serikat.


Masih menurut Tim Tom, mobil ini rencananya juga ditargetkan akan diproduksi secara masal dan dapat menjadi kendaraan alternatif yang ramah lingkungan.


"Dengan Stella Lux, kami ingin membawa mobil surya ini ke konsumen. Kami melihat masa depan, di mana semua orang mengendarai mobil surya, sehingga mobil menghasilkan energi bukannya dikonsumsi," lanjut Tim Tom.


Sebagai catatan, Stella Lux menghasilkan listrik lewat sel surya seluas 5,8 meter persegi dan memiliki kapasitas baterai tambahan dari 15 kWh.


Dengan muatan penuh, mobil ini dapat menempuh jarak 1.000 kilometer (621 mil) di iklim Belanda, atau 1.100 km (684 mil) di iklim Australia. Sedangkan untuk
top speed
-nya mencapai 125 km/jam.


Mobil ini juga dibuat dari bahan ringan serat karbon dan aluminium dengan berat total hanya 375 kilogram. Hebatnya lagi, mobil ini juga ditanami fitur-fitur canggih seperti aplikasi smartphone.


Efisiensi Stella Lux dapat lebih meningkat dengan menggunakan sistem navigasi yang dirancang khusus. Sistem Surya Navigator memonitor cuaca dan memilih rute yang optimal untuk kendaraan. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya