Ini Ruginya Beli Mobil Bekas Perang

Beberapa unit Humvee yang bisa dibeli oleh rakyat sipil
Sumber :
  • Autoevolution

VIVA.co.id - Salah satu daya tarik Humvee adalah tampilannya yang besar dan gagah. Di medan perang, mobil ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari mobil perang hingga ambulans.

Tinggalkan Humvee, Ini Kendaraan Tempur Terbaru AS

Dilansir dari Carbuzz, Rabu 9 Juli 2015, pemerintah Amerika Serikat memutuskan untuk mengizinkan departemen pertahanan mereka menjual Humvee yang kini sudah tidak digunakan lagi.

Keputusan ini, tentu saja mendapat sambutan yang meriah dari masyarakat yang gemar mengoleksi semua hal yang berhubungan dengan peperangan. Dijual dengan harga mulai dari US$10 ribu, atau setara dengan Rp133,4 juta, sebanyak 1.100 Humvee laku terjual.

VIDEO: Ini Dia Hummer 'Made in' Sleman

Namun, ternyata sang pemilik baru tidak bisa dengan segera mengendarai mobil ini di jalanan umum. Penyebabnya adalah tidak adanya surat-surat resmi yang bisa digunakan untuk mengurus pelat nomor.

Setelah menunggu berbulan-bulan, akhirnya para pemilik Humvee eks perang bisa sedikit lega, setelah pemerintah dan pihak lelang memiliki solusi untuk masalah tersebut. Tetapi, lagi-lagi pemilik Humvee terganjal peraturan lain.

Anutusias Punya Anak Perempuan, Alyssa Soebandono Sampai Lakukan Hal Ini

Peraturan yang dimaksud adalah mengenai uji emisi kendaraan bermotor. Saat digunakan sebagai kendaraan perang, Humvee mendapat dispensasi dalam hal emisi gas buang. Namun, setelah diubah kepemilikannya, semua Humvee harus mengikuti uji emisi.

Hampir bisa dipastikan mobil ini tidak akan lolos uji, karena mesin yang digunakan sudah terlalu tua dan tidak bisa menghasilkan gas buang yang minim polusi. Satu-satunya solusi, pemilik harus mengganti mesin, yang biayanya bisa mencapai setengah dari harga mobil tersebut. (asp)

Ilustrasi Dua mobil Humvee milik militer Amerika Serikat terhisap pasir pantai

Niat Pamer Kekuatan, Mobil Perang AS Justru Terjebak Pasir

AS memang dikenal tangguh dengan sejumlah armada perangnya.

img_title
VIVA.co.id
27 Oktober 2015