Lima Komunitas Motor Gelar Kampanye Mudik Sehat

Kampanye mudik sehat
Sumber :

VIVA.co.id - Koalisi lima Komunitas mengampanyekan gerakan Mudik Sehat dengan menggelar aksi simpatik di perempatan Pangkalan Jati, Jakarta Timur. Dalam aksi itu, juga dibagikan 1.000 paket takjil dan flyer.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Flyer yang dibagikan berisi tips mudik dan ajakan untuk tertib berlalu-lintas. Diantaranya ajakan agara pemudik beristirahat ketika lelah dan kantuk. Lima komunitas yang dimaksud yakni Independent Bikers Club (IBC), Honda Vario Club (HVC) Jakarta, Mailing List Yamaha Scorpio (Milys), Kopdar Pengicau (Kopcau), dan Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman).

“Konsep Mudik Sehat adalah mengedepankan perencanaan perjalanan yang baik, pengaturan istirahat yang memadai, hingga mengelola kebugaran tubuh sang pemudik secara prima," kata Ketua Panitia Aksi Simpatik, Sontry Napitulu di Jakarta, Sabtu 11 Juli 2015.

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya

Kampanye ini dirasa masih sangat perlu mengingat masih tingginya angka kecelakaan saat tradisi mudik meski dari tahun kemarin telah mengalami penurunan. Dari data Korlantas Polri menyebutkan, kasus kecelakaan turun 18,05 persen menjadi 2.878 kasus pada musim Lebaran 2014.

Jumlah korban meninggal dunia turun 19,08 persen menjadi 619 jiwa. Mayoritas kendaraan yang terlibat kecelakaan adalah sepeda motor, yakni sekitar 71 persen dari total kendaraan. Angka tahun 2014 itu relatif stagnan dibandingkan periode sama tahun 2013.

"Penurunan kasus dan fatalitas kecelakaan pada musim mudik Lebaran 2014 karena para stakeholder, termasuk masyarakat bersinergi dengan baik. Semestinya, sinergi terus dipertahankan sepanjang tahun,” kata Edo Rusyanto.

Lewat sinergi yang kuat, tambahnya, target pemerintah menurunkan fatalitas kecelakaan lalu lintas sebesar 50 persen pada 2020 bisa lebih cepat tercapai. Bahkan, target pemerintah menurunkan fatalitas kecelakaan sebesar 80 persen pada 2035 juga bisa lebih logis.

“Para instansi pemerintah harus membuang jauh-jauh ego sektoral. Pertahankan sinergi yang dipertontonkan selama musim mudik,” tegas Edo.

Siapa Bilang Ban Serep Mobil Tak Butuh Perawatan? Wajib Tahu
Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016