VIDEO: Pesepeda Menang Balapan Tanpa Perlu Mengayuh

Pebalap downhill Aaron Gwin.
Sumber :
  • YouTube

VIVA.co.id - Mereka yang gemar mengayuh sepeda pasti tahu mengenai balapan menuruni gunung, atau yang biasa dikenal dengan istilah downhill. Jenis balapan ini tidak hanya membutuhkan sepeda dengan kualitas yang sangat baik, namun juga fisik prima.

Atlet AS Raih Emas Olimpiade di Usia 42 Tahun

Dalam balap Downhill, peserta melewati jalur yang sudah ditentukan. Kondisi jalur biasanya penuh dengan rintangan yang menantang, seperti akar pohon dan gundukan tanah. Keahlian peserta dibutuhkan untuk bisa melintasi jalur yang padat dengan pepohonan tersebut.

Tidak jarang, peserta kehilangan traksi roda atau salah mengambil arah, sehingga menabrak pohon atau terjungkal sejauh beberapa meter. Patah bahu dan kaki sudah biasa dialami oleh para pebalap downhill.

Kondisi Atlet Balap Sepeda Belanda Usai Kecelakaan Horor

Dilansir dari Autoevolution, Rabu 15 Juli 2015, ada sebuah pertandingan downhill unik, yang baru-baru ini diselenggarakan di Leogang, Austria. Dalam pertandingan tersebut, pebalap asal Amerika Serikat, Aaron Gwin, berhasil memenangkan lomba dengan selisih hanya sepersekian detik dari pesaing terdekatnya.

Yang unik dari balapan tersebut adalah Aaron meluncur melalui jalur balap tanpa mengayuh sepedanya. Saat mengawali lomba, rantai sepedanya tiba-tiba putus, sehingga ia tidak bisa menambah kecepatan.

Hanya Pangeran Arab yang Bisa Miliki Mobil Konsep Ini

Dengan hanya berbekal gaya gravitasi, Aaron melaju dengan cepat melewati tikungan dan gundukan. Ia harus terus menjaga momentum sepeda, agar tidak kehilangan kecepatan.

Anda bisa melihat videonya melalui tautan ini.

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya