Empat Penyebab Rem Mobil Berbunyi Berisik

Ilustrasi rem mobil.
Sumber :
  • www.toyota.astra.co.id

VIVA.co.id - Sebagian pemilik mobil pasti pernah mengalami rem mobil berisik saat tengah melakukan pengereman. Lantas, apa yang sebenarnya terjadi? Sebab, tentu saja kondisi ini akan membuat tidak nyaman dalam berkendara.

Seperti dilansir situs resmi Toyota, Selasa, 28 Juli 2015, ada beberapa hal yang menjadi penyebab rem mobil Anda berisik saat dilakukan pengereman.

Pertama, tampilan permukaan disc brake. Jika Anda melihat tampilan tersebut mengkilap, maka dapat dipastikan hal inilah yang menjadi penyebab rem mobil Anda berisik. Biasanya, tampilan tersebut juga disertai dengan tampilan permukaan kampas rem yang juga mengkilap. Hal ini dikarenakan kualitas kampas rem yang digunakan.

Kedua, permukaan disc brake yang tidak rata. Ketidakrataan permukaan disc brake juga menjadi salah satu penyebab rem mobil Anda berisik saat pengereman dilakukan. Hal ini umum terjadi disebabkan keausan pada disc brake atau piringan rem mobil Anda.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Tidak ratanya disc brake juga akan membuat kampas rem mobil menjadi tidak rata pula karena kampas rem mobil mengikuti bentuk permukaan piringan rem.

Ketiga, pen caliper seret. Hal ini kemungkinan disebabkan karena greasing yang mengering, sehingga memicu timbulnya bunyi yang berisik pada saat dilakukan pengereman. Selain itu, hal tersebut juga dapat menyebabkan kampas rem menjadi tebal sebelah. Untuk mengatasinya, cukup mudah dilakukan. Anda hanya perlu membersihkan pen caliper dan memberikan grease khusus.
   
Keempat, piston rem macet. Hal ini kemungkinan dikarenakan oleh dinding piston yang berkarat. Biasanya terjadi karena karet boot yang ada pada piston rem rusak, sehingga dapat menyebabkan dinding piston menjadi berkarat.

Oli mesin.

Tips Bedakan Oli Asli dan Oplosan

Banyak produsen nakal yang kini memproduksi oli palsu.

img_title
VIVA.co.id
31 Juli 2017