Honda Sedang Kembangkan Mesin Dua-Tak Injeksi

Mesin dua-tak injeksi Honda.
Sumber :
  • www.gizmag.com

VIVA.co.id - Pabrikan sepeda motor Honda rupanya tengah mengembangkan produk anyar dengan mesin dua-tak. Kabar ini terbukti dari paten mesin yang dilakukan Honda ke United States Patent and Trademark Office (UPSTO).

Mesin dua-tak dikenal jauh lebih sederhana ketimbang mesin empat-tak. Namun, dua-tak punya diferensiasi sendiri, di mana mesin lebih bertenaga dan lebih ringan hingga memiliki banyak penggemar.

Sejauh ini, dua-tak memang telah banyak ditinggalkan karena dikenal beremisi buruk dan boros. Setidaknya kondisi ini juga terjadi di Indonesia.

Dilansir Gizmag, Selasa 28 Juli 2015, yang menarik dari paten dua-tak ini, Honda menggabungkannya dengan dengan sistem injeksi bahan bakar. Sistem ini tentu akan menghasilkan pembakaran lebih sempurna dan pendinginan piston lebih baik.

Honda Indonesia Racik Motor Baru 250cc Satu Silinder



Berdasarkan gambar sketsa, paten baru menggambarkan mesin dua-tak baru dengan sistem injeksi dipasang di belakang silinder, mengarah ke atas ke arah dinding belakang lubang silinder.

Injektor diatur untuk menyemprot bahan bakar ketika piston sudah dekat dengan puncak, sehingga bahan bakar yang tidak terbakar tidak akan menyapu keluar dengan gas buang. Sehingga silinder dan piston bisa lebih baik secara parsial.

Orang Kaya Jakarta Kepincut Motor 'Alien' Honda



Honda percaya, desain ini dapat membantu menghilangkan beberapa kompleksitas desain dua-tak konvensional lainnya, di mana langkah ini dianggap dapat membantu menekan biaya produksi dan pemeliharaannya yang mudah.

Akankah kepopuleran mesin dua-tak bakal kembali bangkit?

Siap Meluncur, Begini Wujud Lampu Depan Honda CBR250RR
Honda CBR250RR diproduksi di pabrik AHM Karawang.

RI Jadi Basis Produksi Honda CBR250RR, Kok Bisa?

Motor diproduksi di pabrik AHM Karawang.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016