Alasan Mengapa Kotoran Burung Bisa Merusak Cat Mobil

Kotoran burung menempel di mobil
Sumber :
  • Autoblog

VIVA.co.id - Kebanyakan pemilik kendaraan, khususnya mobil pasti memilih tempat parkir terbaik pada saat udara panas 'menyergap', yakni di bawah pohon yang rindang.

Tetapi, pohon yang rindang diketahui juga merupakan 'tempat parkir' burung-burung yang berkicau indah. Maka jangan heran, jika burung-burung itu tidak permisi pada saat membuang kotoran hingga jatuh tepat di atas mobil yang kita sayangi.

Kondisi itu tentu menjadi momok menakutkan bagi cat kendaraan. Sebab, kotoran burung dikenal dapat merusak lapisan cat. Mengapa?

Seperti dilansir Bodypaintmetro, Rabu 29 Juli 2015, kotoran burung mengandung asam yang sangat tinggi, sehingga akan membekas di cat apabila kita diamkan terlalu lama, apalagi di cat mobil yang panas. Panas matahari akan menguapkan kotoran burung tersebut dan membuat kotoran semakin jenuh dengan asam.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Sebagai bukti, lihat saja jumlah patung marmer yang hancur di kota-kota yang dipenuhi merpati dan Anda akan melihat apa yang dimaksud dengan tajamnya kotoran burung.

Tips Pedagang Ketahui Mobil Bekas Tabrakan



Lalu, apakah kita dapat segera mengelap kotoran tersebut dengan tissue? Jangan! Tahukah Anda, apabila burung menggunakan batu kerikil untuk membantunya mencerna makanan? Nah, kerikil tersebut terbawa dalam kotorannya, sehingga dapat melukai cat mobil apabila Anda mengelapnya begitu saja.

Usahakan segera beli air bersoda. Buka botol tersebut dan tutup dengan jari tangan. Kocok beberapa kali dan semprotkan ke permukaan cat yang ada kotorannya. Air soda akan melarutkan kandungan asam dalam kotoran burung dan tekanan air soda tersebut akan membuang kerikil. Setelah itu Anda dapat mengeringkan mobil dengan lap. (asp)

Oli mesin.

Tips Bedakan Oli Asli dan Oplosan

Banyak produsen nakal yang kini memproduksi oli palsu.

img_title
VIVA.co.id
31 Juli 2017