Alarm 'Pintar' Ini Bikin Motor Bak Mobil Mewah

Alarm motor.
Sumber :
  • DSS Smart key

VIVA.co.id - Meski tindak kejahatan begal sudah mulai berkurang, namun bukan berarti pemilik sepeda motor bisa bernapas lega. Hal ini, karena masih banyak terjadi tindak pencurian kendaraan bermotor, termasuk sepeda motor.

Rompi Ini Bisa Lindungi Pengendara Motor Saat Jatuh

Untuk memberi rasa aman, biasanya pemilik motor menambahkan sistem alarm pada motor kesayangan. Namun, kebanyakan alarm yang dijual masih belum bisa melindungi motor secara aman. Para pencuri, bahkan tetap bisa mengambil motor yang dilengkapi dengan pengaman alarm.

Itulah sebabnya sebuah perusahaan asal Surabaya merancang sistem alarm baru yang dikhususkan untuk sepeda motor. Alarm yang diberi nama DSS Smart Key ini berbeda dengan alarm yang biasa dijual di toko aksesori.

Cara Baru Dengarkan Musik Saat Kendarai Motor

Dari hasil uji coba yang dilakukan oleh VIVA.co.id dengan menggunakan Honda Vario 125 eSP, perbedaan terletak pada sistem yang digunakan untuk mengamankan motor. Dalam modul DSS Smart Key, terdapat sensor yang akan secara berkala memantau keberadaan receiver, yakni alat kecil yang bisa digantung bersama kunci, atau dimasukkan ke dalam saku.

Cara kerjanya mirip seperti sistem immobilizer yang biasa digunakan pada mobil-mobil mewah. Bila modul mendeteksi bahwa ada receiver, modul akan mengaktifkan sistem kelistrikan motor, sehingga pengendara dapat menyalakan mesin. Namun, jika tidak ada receiver, alarm akan aktif dan menyalakan klakson.

Daftar Aksesori Honda Beat Baru Beserta Harganya

Bila pencuri memutus aliran listrik ke klakson, motor tetap tidak bisa dinyalakan, karena aliran listriknya diputus oleh modul. Agar tidak mudah dibuat duplikat, setiap modul dirancang berpasangan dengan receiver-nya. Artinya, pemilik receiver tidak akan bisa menyalakan motor lain yang bukan miliknya.

Alarm yang dijual dengan harga sekitar Rp700 ribu ini juga ideal untuk melindungi pengendara dari kejahatan begal, karena jika motor diambil begal. Sementara itu, receiver masih berada di tangan pengendara, setelah beberapa menit mesin motor akan mati.

Modul DSS Smart Key juga dilengkapi dengan sensor getar untuk mencegah motor diangkut menggunakan truk. Namun, pemilik dapat mematikan fitur tersebut dengan mudah dan aman, karena meski sensor getar tidak aktif, namun alarm tetap berfungsi. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya