Ini Cara Perbaiki Sendiri Bodi Mobil yang Penyok

Menghilangkan penyok pada mobil.
Sumber :
  • www.autoevolution.com

VIVA.co.id - Lekukan cekung alias penyok pada bodi bisa saja terjadi pada setiap mobil. Penyebabnya pun kadang tidak jelas. Namun, kondisi tersebut biasanya terjadi lantaran benturan dengan benda yang keras. Jika sudah begitu, tampilan mobil kesayangan sudah pasti tak lagi elok dipandang mata.

Untuk memperbaiki kondisi mobil dengan penyok kecil atau baret, bisa dengan cara rumahan atau dibawa ke bengkel 'ketok magic'.

Hendy, pemilik bengkel reparasi bodi HJ Autoworks menjelaskan, hampir sebagian besar pengobatan 'lesung pipit' seharusnya dilakukan di tangan ahli dengan peralatan mumpuni. Namun untuk beberapa kasus bisa diselesaikan di rumah, tapi tetap ada batasannya.

“Kalau tidak terlalu paham, paling penting jangan tekan dari luar, kalau salah penyoknya malah tambah banyak,” ujar Hendy seperti dilansir situs resmi Toyota.

Sedangkan Yosef Bee, pemilik rumah modifikasi H20 Bodyworks menambahkan, “Repair bodi mobil kategori rumahan bisa dilakukan apabila cacat tidak mengubah struktur mobil serta posisi tidak sulit. Penyok halus tanpa sudut masih bisa diperbaiki sendiri, tapi perlu hati-hati.”

Untuk perbaikan rumahan bisa menggunakan alat bantu palu karet, posisi pada bagian cekung di bodi luar di tekan atau di ketok perlahan dari bagian dalam.

Kini juga sudah banyak produk aftermarket yang menjual vakum yang mampu memperbaiki penyok. Cekungan pada bodi mobil Anda bisa “dihisap” hingga terangkat kembali ke posisi semula.

Yosef menambahkan, meski terlihat mudah, namun menggunakan perkakas itu juga butuh keahlian. “Pemakaian harus berbeda buat pelat bodi setebal satu milimeter (mm) atau dua mm, agak sulit kalau tidak terbiasa. Lebih baik diserahkan ke ahlinya,” tukas Yosef.

Untuk penyok yang lebih parah bisa menggunkan jasa bengkel “ketok magic”. Yosef mengatakan, kata magic yang biasa digunakan itu sama artinya dengan skill, karena memperbaiki bodi butuh keahlian dan pengalaman.

Biaya perbaikan pun akan disesuaikan dengan besaran luka, posisi dan tingkat kesulitan perbaikan.

Harga berkisar mulai dari Rp 100-200 ribu per satu titik penyok, usai diperbaiki, masih ada lagi biaya pengecatan, setiap panel seperti pintu dikenakan ongkos pengerjaan mulai Rp500 ribu.

Pakai pengering rambut

Solusi praktis dan mudah untuk mengembalikan bentuk bodi mobil yang penyok juga bisa menggunakan alat pengering rambut alias hair dryer.

Dilansir Autoevolution, hanya dengan alat yang mudah didapatkan ini, Anda tak perlu repot-repot pergi ke bengkel-bengkel ketok magic yang bisa menguras kantong hingga jutaan rupiah. Lantas bagaimana cara kerjanya?

Cara ampuh murah meriah ini rupanya dipraktikkan langsung dan direkam oleh seorang juru kamera, di mana sebuah Toyoa Prius berkelir silver mengalami penyok pada bagian bumper depan. Digambarkan, bagian bodi yang penyok cukup dipanaskan dengan hair dryer.

Dalam waktu singkat, hair dryer yang memiliki udara panas sedang rupanya dapat mengembalikan bentuk penyok pada posisi semula. Hal ini tentu dengan bantuan tangan dari bagian belakang untuk sedikit mendorongnya keluar. Dengan begitu, proses pemuaian akan lebih cepat terjadi.

Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa melihat video di bawah ini, atau buka tautan ini:

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya
Oli mesin.

Tips Bedakan Oli Asli dan Oplosan

Banyak produsen nakal yang kini memproduksi oli palsu.

img_title
VIVA.co.id
31 Juli 2017