Ini Tren Modifikasi Motor yang Sedang Populer di Indonesia

Motor bergaya Street Tracker.
Sumber :
  • Otocustom

VIVA.co.id - Dunia modifikasi motor 2015 terus menunjukkan tajinya. Berbagai model pun terus bermunculan dan digandrungi para pencintanya.

Ingin Motor Anda Larinya Kencang dan Irit BBM? Ini Caranya

Namun, dari sekian banyak model modifikasi pada sepeda motor, ada beberapa gaya yang tengah hits alias naik daun.

Menurut builder motor kustom kenamaan di Indonesia, Ade Habibie, tren modifikasi Cafe Racer yang sempat populer beberapa waktu lalu, kini mulai tergerus dengan gaya-gaya Street Tracker.

"Ya, Cafe Racer sekarang sudah mulai sepi, yang sedang naik saat ini Street Tracker. Paling tidak, tren ini akan berlangsung hingga akhir tahun, atau bisa juga hingga penghujung tahun depan. Soal tren modifikasi, Amerika dan Eropa memang masih menjadi kiblat di Tanah Air, lalu baru Jepang," kata Ade Habibie kepada VIVA.co.id.

Menurut dia, konsep Street Tracker akan mengambil alih popularitas Cafe Racer di antara kalangan modifikator Indonesia. Kata dia, pergantian trennya tak terlalu banyak pergeseran, masih seputar classic look, namun lebih ke arah motor penggaruk tanah.

"Kalau Tracker itu basic-nya motor dirtbike, motor cc gede yang diambil istilah balap di Amerika pertengahan tahun 50-an. Cirinya, penampilan semi motorcross. Namun, Street Tracker itu hasil penggabungan motor Tracker dengan motor jalanan," kata dia.

Ciri lainnya yakni, motor Street Tracker memiliki ground clearance (jarak bodi dengan aspal) tinggi, seperti motorcross, namun dengan pengaplikasian ban jalan raya.

Bicara biaya yang wajib disediakan, ia mengatakan tergantung dana dan spesifikasi yang diinginkan pemilik kendaraan. Jika menginginkan aksesori dengan merek-merek ternama, tentu wajib menyiapkan dana yang tak sedikit. Namun, jika menginginkan agar bentuknya seperti Street Tracker saja, kata dia, tidak perlu pusing.

"Kalau modifikasi standar Street Tracker, uang Rp5 juta sampai Rp10 juta bisa. Sebenarnya memang biaya itu (modifikasi) sulit untuk ditaksir, tergantung keinginan pemilik kendaraan," kata dia.

Tetap nyaman dipakai

Mengubah motor menjadi bergaya Street Tracker memang terlihat sulit. Maka itu, ada hal yang wajib menjadi perhitungan sebelum memulai langkah modifikasi.

Menurut Ade, selain penampilan, tentu Anda juga harus memperhatikan segi performa mesin yang digunakan motor.

"Pemilik juga harus memperhatikan segi kenyamanan, supaya Anda selaku pengendara motor bisa merasa nyaman pada saat berkendara dengan menggunakan motor hasil modifikasi tersebut. Artinya, semua memang punya konsekuensi, dan pemilik harus siap dengan konsekuensi yang ada," ujarnya. (art)

Press conference acara Suryanation Motorland 2016.

Ribuan Komunitas Motor Bakal Meriahkan Kontes Modifikasi

Acara akan digelar di delapan kota besar.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016