Salah Pilih Pentil Ban, Bisa Gawat Akibatnya

Pentil ban motor.
Sumber :
  • Motorcyclecruiser.com

VIVA.co.id - Bagi Anda yang menggunakan ban tubeless, pentil adalah bagian yang penting. Salah pilih pentil, atau valve, bisa-bisa ban menjadi mudah kempis. Apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih pentil ban tubeless?

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Dilansir dari Fdrtire, Selasa 11 Agustus 2015, hal yang pertama harus dilakukan adalah memilih pentil ban yang memiliki dua karet. Seal karet yang membungkus besi, atau alumunium pentil ini yang memastikan ban kedap udara.

Baca juga:

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Dua karet tersebut, dibutuhkan untuk menahan bagian luar velg dan menahan angin dari dalam ban. Pentil yang hanya memiliki satu seal karet di bagian atas, cenderung lebih mudah bocor karena kurang kedap.

Kedua, pilih pentil yang punya dua baut, untuk memastikan pentil tidak longgar, yang bisa menyebabkan ban kempis. Baut kedua ini berguna untuk mengunci baut pertama, agar tidak bergerak.

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya

Jika dilihat di pasaran, ada bermacam jenis pentil tubeless. Secara garis besar, bentuk pentil terbagi menjadi dua jenis, ada yang lurus seperti huruf "I", dan ada juga yang sedikit melengkung seperti huruf "L".

Baca juga:

Anda bebas memilih tipe pentil tubeless mana yang hendak dipakai, selama memenuhi dua kriteria yang sudah disebutkan di atas. Namun, biasanya pentil yang seperti huruf "L" lebih disarankan untuk ban-ban dengan velg berukuran kecil, untuk memudahkan proses pengisian angin. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya