Tips Jitu Agar Mobil Anda Lulus Uji Emisi Kendaraan

Uji emisi kendaraan.
Sumber :
  • www.toyota.astra.co.id

VIVA.co.id - Pengujian emisi pada kendaraan, khususnya mobil, sejatinya perlu dilakukan. Hal ini bertujuan mengurangi emisi karbon dari kendaraan.

Lantas, bagaimana jika pihak kepolisian melakukan operasional di jalan raya guna menguji emisi kendaraan Anda? Bagaimana kendaraan Anda bisa lulus uji emisi? Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar dapat lulus uji emisi kendaraan seperti dilansir Wikihow.

Pelajari standar emisi

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mempelajari standar emisi dan prosedur yang berlaku saat ini. Selain itu, Anda perlu mengetahui lokasi uji emisi kendaraan yang ada di sekitar tempat tinggal Anda. Kemudian, penjadwalan uji emisi perlu dilakukan.

Setelah itu, Anda akan diberitahu oleh petugas penguji emisi mobil Anda apakah memenuhi standar alias lulus uji emisi atau tidak. Tak hanya itu, penyebab utama masalah emisi juga perlu dipelajari.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Tidak lulus uji emisi kemungkinan besar karena mobil yang Anda kendarai memiliki masalah performa. Dengan mengetahui penyebab dari masalah emisi, dapat membantu Anda lulus uji emisi.

Jadwalkan pemeriksaan mobil

Setelah selesai dengan mempelajari standar emisi, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan agar lulus uji emisi kendaraan adalah dengan melakukan penjadwalan pemeriksaan mobil Anda. Anda dapat meminta bantuan dari mekanik untuk melakukan pemeriksaan emisi mobil Anda. Jangan lupa, saat hendak melakukan uji emisi, kendaraan Anda harus sudah panas.

Setidaknya, Anda telah menggunakan mobil Anda 20 menit sebelum melakukan uji emisi. Hal ini bertujuan mencapai suhu optimal pada mobil Anda, mencapai tekanan optimal untuk konverter katalis, dan pembacaan emisi dapat dipastikan keakuratannya. Uji emisi sebaiknya dilakukan saat cuaca dan kondisi jalanan baik untuk membantu Anda lulus uji emisi kendaraan.

Ganti oli dan filter secara teratur

Perhatikan kondisi oli dan filter mobil Anda. Jika waktunya mengganti keduanya, maka segeralah menggantinya. Hal ini dapat membantu Anda melewati uji emisi kendaraan dengan baik.

Oli mesin.

Tips Bedakan Oli Asli dan Oplosan

Banyak produsen nakal yang kini memproduksi oli palsu.

img_title
VIVA.co.id
31 Juli 2017