Dua Penyebab AC Mobil Sering Bermasalah

AC Mobil
Sumber :

VIVA.co.id - Sejumlah pemilik mobil pasti tidak menyadari ada beberapa kebiasaan kecil yang berpotensi merusak komponen mobil.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Di antaranya, seperti memutar switch power Air Conditioner (AC) untuk menyalakan dan mematikan pendingin ketika berkendara. Padahal, dampak buruknya pun sering tak disadari para pemilik mobil.

Kebiasaan seperti mematikan dan menghidupkan AC ketika memutar mesin tinggi membuat beban kompresor mendadak berat, kondisi inilah yang akan menyebabkan terjadinya gesekan yang terlalu keras antara pulley dan pressure pate pada kompresor AC.

Jika kebiasan ini terus dilakukan, maka bukan tidak mungkin komponen magnet clutch kompresor AC akan cepat aus dan akhirnya rusak, sehingga bisa menyebabkan AC jadi tak dingin. Demikian dilansir situs resmi Toyota.

Sangat disarankan untuk menyalakan AC ketika saat berhenti atau bila terpaksa sebaiknya mengurangi kecepatan dan melakukan putaran mesin di bawah 2.000 rpm. Selain kebiasan buruk di atas, ada pula kebiasaan lainnya, seperti tak memperhatikan asap rokok maupun kotoran lainnya.

Sangat penting untuk diketahui, jika AC memiliki blower yang berfungsi untuk memutar udara, udara ‘panas’ yang dihisap blower dari kabin akan ditutup melewati celah-celah di antara kisi-kisi evaporator yang dingin. Di bagian evaporator inilah, panas kemudian diserap oleh sistem sehingga udara yang diembuskan ke dalam kabin menjadi dingin.

Jika udara yang diserap oleh evaporator tercampur dengan banyak debu atau abu rokok, maka akan membuat kisi-kisi pada evaporator tersumbat dan akhirnya mengganggu kinerja pendinginan.

Apalagi, sumbatan tersebut bisa mengakibatkan tumbuhnya jamur atau spora yang tentu akan menimbulkan bau tak sedap dan bahkan berpotensi mengganggu kesehatan Anda serta penumpang lain di dalam mobil. (one)

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya
Oli mesin.

Tips Bedakan Oli Asli dan Oplosan

Banyak produsen nakal yang kini memproduksi oli palsu.

img_title
VIVA.co.id
31 Juli 2017