Catat, Avanza Model Baru 'Haram' Diisi Bensin Premium

Avanza terbaru.
Sumber :
  • Facebook Komunitas Toyota.

VIVA.co.id - PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Toyota di Indonesia baru saja meluncurkan produk anyar, Grand New Avanza dan Grand New Veloz di Tanah Air.

Mobil itu hadir dengan penjejalan mesin terbaru yang diklaim lebih irit dan lebih bertenaga. Lantas, bagaimana soal urusan bahan bakar minyak (BBM) yang cocok untuk kendaraan tersebut?

Menurut Technical Service Division, PT TAM, Iwan Abdurrahman, Grand New Avanza dan Grand New Veloz memiliki batas Research Octan Number (RON) untuk tetap menjaga performa mesin.

"Untuk kandungan RON, lebih baik menggunakan RON 90 (Pertalite) sampai dengan 92 (Pertamax)," ujarnya, Kamis 13 Agustus 2015.

Setahun, Toyota Luncurkan Tiga Mobil Terbaru di Indonesia

Artinya, tidak dianjurkan jika Grand New Avanza dan Grand New Veloz diisi bensin dengan kadar RON di bawah 90, atau Premium (RON 88).

Lebih jauh, Iwan mengatakan bahwa kadar RON yang terlalu tinggi belum tentu baik untuk mesin kendaran. Semua tergantung pada mesin yang digunakan.

"Bukan berarti, semakin tinggi kadar RON akan semakin irit dan baik untuk mesin. Semua ada kesesuaiannya. Hanya saja, memang berpengaruh pada performa mesin dan irit untuk RON yang lebih tinggi," tambahnya.

Sebagai catatan, Grand New Avanza dan Grand New Veloz disematkan mesin berteknologi dual VVT-i  dengan kapasitas 1.300 cc dan 1.500 cc. (asp)

Grand New Avanza 2015. Ilustrasi.

Diuji Tabrak, Ini Nilai Buat Avanza Terbaru

Uji tabrak dilakukan ASEAN NCAP.

img_title
VIVA.co.id
2 Februari 2016