Muncul di Kemayoran, Inikah Mobil Seram yang Ditakuti Orang?

Mobil Austin Healey
Sumber :
  • Rendra/VIVA.co.id

VIVA.co.id - Pernah dengar mobil angker Austin Healey? Ya, mobil yang 'ditakuti' di dunia, lantaran disebut kendaraan maut dan menyebabkan kecelakaan hebat hingga meminta korban tewas sebanyak 84 orang. Kecelakaan itu terjadi di Perancis saat tengah digelar lomba balap Le Mans pada 1955.

Ternyata, mobil jenis ini dipajang di perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta. Karena bentuk dan warnanya yang eksentrik, mobil ini bisa dikatakan sukses menarik perhatian pengunjung.

Menurut Asisten Manager II Museum Angkut Indonesia, Tossy Kusdianto, dia memang pernah mendengar kisah mobil legendaris Austin Healey yang angker itu. Jenisnya memang sama dengan mobil angker yang ramai dipergunjingkan banyak orang selama ini.

Namun, ia tidak mengetahui apakah Austin Healey yang dimaksud merupakan mobil yang dibawa Museum Angkut Indonesia ke IIMS 2015. "Saya tidak tahu persis, bisa jadi ini mobilnya. Karena kita memang dapatkan dari luar, tepatnya di Inggris, kalau model memang sama," ujar Tossy kepada VIVA.co.id, Rabu 19 Agustus 2015.

Selama ini, Tossy memang menyebut Austin Healey yang dimiliki Museum Angkut memang diperlakukan istimewa saat dipajang di Malang. Yakni, diberikan tempat khusus dan pengunjung dilarang untuk mendekat.

"Setahu saya, tak ada keganjilan-keganjilan yang ada pada mobil ini. Cuma beberapa kali memang ada beberapa pengunjung yang fotonya sering bermasalah, atau ada objek-objek aneh saat memfoto mobil ini. Tapi tidak hanya Austin ini, beberapa mobil lain juga begitu," kata Tossy.

Tossy tidak memungkiri, mobil klasik memang selalu melekat dengan cerita horor. Sebab, selama dia bertugas di Museum Angkut, selalu saja mendengar cerita-cerita mistis dari pengunjung dan teman sepekerjanya.

Pameran Mobil Terbesar Asia Tenggara GIIAS 2016 Resmi Dibuka



Terkait profil, Austin Healey yang dimiliki Museum Angkut didapatnya pada 2013 lalu dengan menebus harga murah, yakni sekira Rp100 jutaan dari Inggris. Mobil itu dibeli satu paket dengan beberapa kendaraan lain, seperti motor antik BSA. Mobil dikatakannya dibeli dalam kondisi sangat baik.

"Paling catnya saja yang kusam saat kami beli, jadi restorasinya tidak banyak. Kami dapatkan murah," kata dia.

Sekadar diketahui, Austin Healey menjadi penyebab dalam insiden kecelakaan lomba ketahanan 24 Hours Le Mans di Prancis pada 1955, yang menewaskan 84 orang. Ada tiga mobil yang terlibat kecelakaan, Austin Healey, Jaguar, dan Mercedes 300 SLR.

Austin Healey ini diketahui dibekali mesin 2.660 cc empat-silinder segaris. Tenaga maksimalnya, yakni 90 Horse power pada 4.000 rpm, dan torsi maksimal 195 newton meter pada 2.500 rpm.

Soal konsumsi bahan bakar, yaitu 9,7 kilometer per liter, dan dikawinkan dengan transmisi tiga-percepatan. Dimensi panjangnya 3,8 meter‎, dan lebar 1,5 meter. (asp)

Wapres Kalla Resmikan Pembukaan GIIAS 2016
Wakil Presiden Jusuf Kalla

JK Bangga Penjualan Mobil Capai Satu Juta Unit per Tahun

20 tahun lalu kita masih impor, sekarang kita masuk ke manufacturing.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016