Ini Satu-satunya Mobil Setir Kanan Milik Bung Karno

Salah satu mobil presiden pertama RI, Soekarno
Sumber :
  • Dian Tami/VIVA.co.id

VIVA.co.id - Dari empat mobil milik Presiden Pertama RI, Soekarno, yang tampil dalam pagelaran otomotif  Indonesia International Motor Show (IIMS), terdapat satu mobil yang menarik perhatian pengunjung, yakni Buick Super buatan 1949. Apa yang menarik dari mobil satu ini?

Hanya Pangeran Arab yang Bisa Miliki Mobil Konsep Ini

Walaupun merek mobilnya tidak semewah Cadillac, namun mobil ini memang punya keunikan. Buick Super ini menjadi satu-satunya mobil mendiang Presiden Pertama RI itu yang memiliki setir di kanan, bukan di kiri.

"Saya dapat ini dari teman lama salah satu petinggi PPMKI (Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia). Saya dapat tahun 1992, waktu itu kondisinya cukup baik. Hanya ada beberapa parts yang hilang. Saya mulai bangun, nabung dari 1993-1997 sampai seperti sekarang. Ya, walapun kondinya tidak 100 persen seperti baru dari pabrik,” kata pemilik mobil, Tri Dharma.

Lebih jauh, Tri mengatakan, kondisi mobilnya saat ini sekitar 96 persen, sehingga dia masih berusaha mencari beberapa suku cadang mobil, seperti dop velg belakang dan list samping bodi.

"Sebenarnya, waktu itu saya punya logo Buick-nya di bumper depan. Tetapi, waktu ikut pameran mobil kuno beberapa tahun lalu hilang dicongkel orang. Tetapi, habis itu saya dapat lagi tapi tidak saya pasang. Ya sudah, saya biarin saja seperti sekarang, biar tambah klasik," tambahnya.

Pengusaha cuci steam mobil ini menambahkan, mobil kesayangannya itu pernah dipakai Bung Karno dalam kunjungan ke Yogyakarta pada 29 Desember 1949 silam.

Untuk selalu menjaga kesan klasik, Tri tidak mengganti, atau membersihkan beberapa bagian kaca yang mulai menguning.

"Sengaja tidak saya apa-apa kan, yang penting tidak kotor. Saya tidak mau ganti pakai kaca lain, soalnya di situ letak klasiknya, yang makin anggun mengikuti umur," katanya.

Moge Spesial Gading Marten, Bikin Ingat Anak-Istri

Perlu diketahui bahwa mobil Buick Super buatan 1949 ini menggendong mesin 8-silinder segaris dengan kubikasi 4.063cc. Tenaga yang dihasilkan sebesar 115 hp pada 3.600 rpm. (asp)

Sembilan artis top Indonesia bakal gelar touring

Ini Motor Favorit Sembilan Artis Top Tanah Air

Mereka akan menggelar touring Jakarta-Yogyakarta.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016