Yamaha Kebanjiran Peminat Tukar Tambah Motor Bekas

Meja tempat tukar tambah motor di booth Yamaha IIMS 2015.
Sumber :
  • Rendra Saputra/VIVA.co.id

VIVA.co.id - Ada hal yang menarik yang ditawarkan Yamaha DDS Jakarta di ajang pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015. Distributor sepeda motor berlogo garpu tala itu memberikan penawaran tukar tambah motor bekas dengan edisi terbaru Yamaha.

Motor Yamaha Cocok Diisi Pertamax Turbo?

Menariknya, motor bekas yang boleh ditukar bisa apa saja, tak harus Yamaha, dan tahunnya pun tak dibatasi. Hal ini ditempuh Yamaha DDS Jakarta sebagai salah satu siasat mendongkrak penjualan. Nantinya, uang hasil jual motor bekas yang ditukarkan bisa dimasukkan pembayaran down payment (DP).

"Peminatnya banyak, hari ini (non weekend) saja sudah sembilan orang. Sepertinya penawaran motor bekas apa pun tahun berapa pun gampang menarik minat," ujar salah seorang wiraniaga Yamaha DDS bagian trade in, Refky, saat berbincang dengan VIVA.co.id, Kamis 27 Agustus 2015.

Yamaha Sambut Positif Kehadiran Pertamax Turbo

Namun demikian, ia tidak bisa menyebutkan, berapa jumlah total calon peminat trade in ini, sejak IIMS 2015 digelar. Sebab, data sepenuhnya dipegang pihak leasing.

Tipe motor yang paling diminati konsumen trade in hingga hari ini adalah R15 dan NMax. "Kalau anak muda biasanya R15, tapi kalau orang tua atau dewasa biasanya mengincar NMax," katanya.

Wajah Skuter Terbaru Yamaha Mirip Vespa

Syarat mudah

Untuk mendapatkan motor Yamaha idaman dengan cara tukar tambah, syaratnya cukup mudah, yakni konsumen hanya perlu membawa fotokopi tanda pengenal, fotokopi Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan foto motor yang hendak ditukar tambah.

Tak butuh waktu lama, pihak Yamaha bersama leasing, yakni Oto Finance, akan datang ke rumah pemohon keesokan harinya, untuk melakukan survei. Nantinya, pihak leasing akan menentukan harga motor bekas calon konsumen, untuk selanjutnya dimasukkan ke dalam DP. Jadi, konsumen tinggal membayar angsurannya saja, sesuai tenor yang dikehendaki.

"Prosesnya cepat kok. Pajak motor atau STNK mati juga tidak apa-apa, cuma nanti paling nilai harga jual akan dikurangi dengan pengurusan surat," ujarnya.

Sebagai contoh, Honda Vario karburator tahun 2010 dihargai leasing Rp7,5 juta. Harga ditentukan berdasarkan kondisi motor. "Misal konsumen mengincar NMax non ABS, dia tinggal bayar angsuran Rp1,8 juta untuk 11 bulan, atau Rp881 ribu untuk 33 bulan," kata Refky.

Program tukar tambah ini hanya berlaku selama ajang pameran IIMS 2015 saja, yang akan berakhir pada Minggu 30 Agustus 2015.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya