Inikah Mobil Mewah Pakai Toilet yang Diminati Jusuf Kalla?

Maxus V80 di ajang GIIAS 2015.
Sumber :
  • Foto: VIVA.co.id/Rendra Saputra

VIVA.co.id - Brand Maxus asal Malaysia, kerja sama dengan perusahaan China, memperkenalkan Maxus V80 di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015. Dalam sajian perdananya yang dibawa PT Weststar Maxus Indonesia, Maxus mengandalkan mikrobus berbodi bongsor, V80.

Menariknya, mobil ini menawarkan kendaraan anti-mainstream. Di mana, mobil tersebut memiliki kabin luas dan terdapat toilet duduknya. Sehingga, mirip dengan bus-bus antarkota ,atau sekelas pesawat terbang komersil. Toilet itu dijejalkan di bagian belakang, dengan ukuran setengah dari lebar mobil.

Aksesori Mobil Ini Berbahaya Jika Digunakan di Dalam Kota



Menurut Ridwan Saari, Country Manager Webstar Maxus Indonesia, mobil tersebut sempat menjadi perhatian serius Wakil Presiden Jusuf Kalla saat membuka perhelatan GIIAS, 20 Agustus 2015, lalu. Kabar lain menyebutkan, JK bahkan membeli mobil jenis ini sebagai kendaraan pribadinya. Pemberitaan itu, bahkan sudah santer disuarakan sejumlah media.



"Bisa jadi, kami tidak bisa bicara banyak. Kejelasannya bisa ditanya ke yang bersangkutan (JK) langsung. Yang pasti, mobil ini memang cocok untuk dikendarai pengusaha, dan pejabat untuk mendukung mobilitasnya," kata Ridwan saat berbincang dengan VIVA.co.id, beberapa hari lalu.

Sementara itu, menurut salah seorang sumber yang tak ingin disebutkan namanya, JK melakukan pemesanan Maxus V80 dengan toilet yang dibanderol seharga Rp500 juta.

Holden Klasik, Kembali ke Ciri Khas Negeri Kanguru

Di baris kedua, mobil itu akan dipasangi bangku khusus berukuran besar. Sementara itu, di baris selanjutnya, diberikan bangku ukuran panjang dengan kapasitas empat penumpang.

Modifikasi Honda Odyssey: Bunglon yang Mudah Bergaul

Mobil mewah Maxus

Di kesempatan GIIAS yang berakhir kemarin, 30 Agustus 2015, Maxus juga menghadirkan V80 yang disulap bergaya rumah. Mobil itu hadir dengan kabin penumpang yang diubah mirip rumah berjalan; seperti kulkas, dapur kecil, toilet, lemari kecil, televisi, dan sebagainya.



Menariknya, ada sofa panjang dibuat mirip posisi angkot menghadap ke arah pintu. Sofa itu dikatakan salah seorang wiraniaga Maxus dapat menampung tiga orang penumpang.

Di depannya, ada sebuah kursi nyaman dekat pintu penumpang. Sementara satu kursi lainnya menghadap ke belakang. Kursi itu berada tepat di samping pengemudi.

"Kira-kira kalau yang sudah dimodifikasi seperti ini (rumah berjalan), kapasitas penumpangnya hanya lima orang. Itu masih nyaman," kata wiraniaga tersebut saat berbincang dengan VIVA.co.id.

Mesin yang diusung oleh mobil ini adalah mesin diesel empat-silinder berkapasitas 2.500cc yang sanggup menghasilkan tenaga sebesar 136 Horse Power di 3.800rpm dengan torsi 330 Nm di 1.800rpm.

Mobil bongsor ini, bahkan diklaim wiraniaga itu dapat mengangkut beban hingga 3,5 ton. "Mobil ini berpenggerak roda depan. Kemarin, JK sangat tertarik dengan mobil jenis ini," kata dia.

Soal harga, Maxus standar dijual dengan banderol sekira Rp500 jutaan. Sementara itu, Maxus yang sudah disulap seperti rumah berjalan, bisa ditebus dengan harga Rp835 jutaan.

"Harga bisa saja lebih murah sesuai dengan kemauan konsumen. Jadi, nanti harganya kita sesuaikan," kata dia. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya